08 April, 2013

RPP 教案 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


日本語の教案(17

Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス  : X/2
Alokasi Waktu 時間  :90分
_____________________________
 

I.      Standar Kompetensi :
Memahami informasi sederhana dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan  keluarga.

II.    Kompetensi Dasar :

1   Memahami berbagai informasi lisan dengan kalimat sederhana  sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2  Menyimak dialog sederhana dengan lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.

III.   Indikator

NO.
INDIKATOR
ASPEK PEND.  KARAKTER
1
Menyimak nama-nama anggota dan jumlah keluarga orang lain.
Semangat, rasa ingin tahu, pengetahuan luas, Keberanian, Jujur, percaya diri, demokratis, kreatif, komunikatif.
2
-



IV.  Tujuan Pembelajaran :
      Siswa dapat menyimak nama-nama anggota dan jumlah keluarga orang lain .


V.    Materi Pembelajaran : Bab 17 Ayu-san no kazoku

VI.  Metode dan model Pembelajaran:

      1.   Metode                     :  Metode Terpadu
      2.   Model Pembelajaran:  Pengamatan, drill, tanya-jawab, penugasan

VII.  Strategi Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran   学 習 内 容

Waktu
時間

Keterangan
メーモ

A.      PENDAHULUAN  導入 
1.  Guru menciptakan suasana kelas yang religius, meminta Ketua Kelas untuk  memimpin doa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2.  Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan nama-nama hari, tanggal, dan bulan.
3.  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang cara menyebutkan nama-nama anggota dan jumlah keluarga orang lain untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa.
4.  Guru membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan menunjukkan tujuan pembelajaran tentang materi yang akan disampaikan.


B.    Kegiatan Inti

1. Eksplorasi
a. Kosakata
      -Siswa mengamati kosakata/ ungkapan yang ditunjukan guru.
-Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru/ungkapan  tentang kegiatan sekolah  sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir.
      (Kelas à Kelompok à Perorangan)

b. Pola kalimat :

KB (orang) KB (saudara orang lain) imasu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta siswa bagaimana cara menyebutkan nama-nama hari sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G : Ayu-san wa onēsan ga futari imasu.
S :    .
Kosakata yang dilatihkan : nama-nama anggota dan jumlah keluarga orang lain.
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan




-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan

2.  Elaborasi

Kegiatan 1 : Kuis (pukul cepat)
-Siswa berkelompok, kemudian bertanding memukul nama hari sesuai pertanyaan yang diajukan.
-Jika jawaban benar akan memperoleh nilai 100 point.
-Kelompok yang paling banyak mengumpulkan point adalah pemenangnya.
Materi : Memahami jumlah anggota keluarga guru di sekolah.

Kegiatan 2 : Mendengarkan「聞きましょう」

a. Pra Kegiatan
-Menerangkan situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan contoh percakapan sebagai wujud pelatihan yang komunikatif.
(Naskah pada buku Sakura)

-Menerangkan cara kegiatan.
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.

b. Kegiatan
-Siswa menyimak  tentang  nama-nama anggota dan jumlah keluarga orang lain sebagai wujud dalam persahabatan dan kepedulian sosial.
     -Siswa bekerja keras/ sungguh-sungguh  menjawab pertanyaan tentan nama-nama anggota dan jumlah keluarga orang lain.
-Guru mengamati kegiatan siswa.

3. Komfirmasi
-Siswa mencocokkan jawaban   sebagai wujud percaya diri/ berani,  kerja sama dan persahabatan.
-Siswa menyimak sekali lagi sebagai wujud rasa ingin tahu, lalu menjawab pertanyaan yang diajukan  wujud keteguhan hati dan keberanian.

-Guru memberi masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan selama kegiatan berlangsung), disampaikan secara komunikatif.
-Guru memberikan penguatan tentang materi pembelajaran berdasarkan referensi yang dimiliki secara bertanggungjawab.

C.    Penutup
1.  Guru mengarahkan siswa secara mandiri untuk berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).

2.   Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang telah diberikan secara bertanggungjawab.

3.  Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah diajarkan secara demokratis.

4.  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layan­an konseling dan/atau memberikan tugas baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (siswa).

5.  Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar membaca/menulis  dengan menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

6. Guru memotivasi siswa agar  mau menggunakannya dalam komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.



5
















20









15








10
























10











15









10











5





















Hiragana/
Katakana diajarkan secara bertahap sesuai kebutuhan












-Sebelum kegiatan inti, Guru mengulang nama-nama anggota dan jumlah keluarga sendiri.



VIII.      Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
LKS Bahasa Jepang SAKURA
Media Utama : Bend Nyata (kalender)
Guru
Audio Visual/ CD Sakura
Gambar-gambar

IX.      PENILAIAN
Teknik Penilaian         : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai       : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian            : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen       : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik



Magelang,  … ……….
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA Taruna Nusantara                                                  Pamong Bahasa Jepang
Wakasek Pendidikan


Drs. YB. Suparmono,  M. Si                                                              Drs. Endang Sutisna

Tidak ada komentar: