日本語の教案(17)
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
_____________________________
I.
Standar
Kompetensi :
Memahami informasi sederhana dalam bentuk paparan atau
dialog tentang kehidupan
keluarga.
II. Kompetensi Dasar :
1 Memahami berbagai informasi lisan dengan kalimat
sederhana sesuai konteks yang
mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2 Menyimak dialog sederhana dengan lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan
berkomunikasi santun.
III. Indikator
NO.
|
INDIKATOR
|
ASPEK PEND. KARAKTER
|
1
|
Menyimak nama-nama anggota dan jumlah keluarga orang
lain.
|
Semangat, rasa ingin tahu, pengetahuan luas, Keberanian, Jujur, percaya
diri, demokratis, kreatif, komunikatif.
|
2
|
-
|
IV. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menyimak nama-nama
anggota dan jumlah keluarga orang lain .
V. Materi Pembelajaran : Bab 17 Ayu-san no kazoku
VI.
Metode dan model
Pembelajaran:
1. Metode : Metode Terpadu
2.
Model Pembelajaran: Pengamatan, drill, tanya-jawab,
penugasan
VII. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan
Pembelajaran 学 習 内 容
|
Waktu
時間
|
Keterangan
メーモ
|
A.
PENDAHULUAN 導入
1. Guru menciptakan suasana kelas yang religius, meminta Ketua Kelas
untuk memimpin doa, memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2. Guru
memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif
dengan beberapa pertanyaan yang
berhubungan dengan nama-nama hari, tanggal, dan bulan.
3. Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar
tentang cara menyebutkan nama-nama anggota dan jumlah
keluarga orang lain untuk menumbuhkan
rasa
ingin tahu siswa.
4. Guru
membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan menunjukkan tujuan pembelajaran
tentang materi yang akan disampaikan.
B.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a.
Kosakata
-Siswa mengamati kosakata/
ungkapan yang ditunjukan guru.
-Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru/ungkapan
tentang kegiatan sekolah sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk
berfikir.
(Kelas à Kelompok à Perorangan)
b. Pola kalimat :
①KB
(orang) KB (saudara orang lain) imasu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta
siswa bagaimana cara menyebutkan nama-nama hari sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk
berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G : Ayu-san wa onēsan ga futari imasu.
S : ….
Kosakata yang dilatihkan : (nama-nama
anggota dan jumlah keluarga orang lain.)
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan
2. Elaborasi
Kegiatan 1 : Kuis (pukul cepat)
-Siswa berkelompok, kemudian bertanding
memukul nama hari sesuai pertanyaan yang diajukan.
-Jika jawaban benar akan memperoleh nilai
100 point.
-Kelompok yang paling banyak mengumpulkan
point adalah pemenangnya.
Materi : Memahami jumlah anggota keluarga
guru di sekolah.
Kegiatan 2
: Mendengarkan「聞きましょう」
a.
Pra Kegiatan
-Menerangkan situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan contoh percakapan sebagai wujud pelatihan yang komunikatif.
(Naskah
pada buku Sakura)
-Menerangkan cara kegiatan.
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.
b. Kegiatan
-Siswa
menyimak tentang nama-nama
anggota dan jumlah keluarga orang lain sebagai wujud dalam persahabatan
dan kepedulian sosial.
-Siswa bekerja keras/ sungguh-sungguh
menjawab pertanyaan tentan nama-nama anggota dan jumlah keluarga orang lain.
-Guru mengamati kegiatan siswa.
3.
Komfirmasi
-Siswa mencocokkan
jawaban sebagai wujud percaya
diri/ berani, kerja
sama dan persahabatan.
-Siswa menyimak sekali
lagi sebagai wujud rasa ingin tahu, lalu menjawab
pertanyaan yang diajukan wujud keteguhan
hati dan keberanian.
-Guru memberi masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan
selama kegiatan berlangsung), disampaikan secara komunikatif.
-Guru memberikan penguatan tentang materi
pembelajaran berdasarkan referensi
yang dimiliki secara bertanggungjawab.
C. Penutup
1. Guru
mengarahkan siswa secara mandiri
untuk berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).
2. Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang
telah diberikan secara bertanggungjawab.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah
diajarkan secara demokratis.
4. Guru merencanakan kegiatan tindak
lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (siswa).
5. Guru
menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
agar gemar membaca/menulis dengan menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
6.
Guru memotivasi siswa agar mau menggunakannya dalam
komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.
|
5分
20分
15分
10分
10分
15分
10分
5分
|
Hiragana/
Katakana diajarkan secara
bertahap sesuai kebutuhan
-Sebelum kegiatan inti,
Guru mengulang nama-nama anggota dan jumlah keluarga sendiri.
|
VIII.
Sumber Belajar :
●Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
●LKS Bahasa Jepang SAKURA
●Media Utama : Bend
Nyata (kalender)
●Guru
●Audio Visual/ CD
Sakura
●Gambar-gambar
IX. PENILAIAN
Teknik Penilaian : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan
kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik
Magelang, … ……….
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA
Taruna Nusantara Pamong
Bahasa Jepang
Wakasek Pendidikan
Drs.
YB. Suparmono, M. Si Drs.
Endang Sutisna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar