日本語の教案(18)
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
_____________________________
I.
Standar
Kompetensi :
Mengungkapkan informasi sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang kehidupan keluarga.
II. Kompetensi Dasar :
1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana
sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2 Melakukan dialog sederhana dengan
lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.
III. Indikator
NO.
|
INDIKATOR
|
ASPEK PEND. KARAKTER
|
1
|
Mengungkapkan usia, dan pekerjaan/profesi.
|
Semangat, rasa ingin tahu, pengetahuan luas, Keberanian, Jujur, percaya
diri, demokratis, kreatif, komunikatif.
|
2
|
-
|
IV. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapa menanyakan dan
menyebutkan usia dan profesi/pekerjaan.
V. Materi Pembelajaran : Bab 18 Chichi wa kyōshi desu
VI.
Metode dan model
Pembelajaran:
1. Metode : Metode Terpadu
2.
Model Pembelajaran: Pengamatan, drill, tanya-jawab,
penugasan
VII. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan
Pembelajaran 学 習 内 容
|
Waktu
時間
|
Keterangan
メーモ
|
A.
PENDAHULUAN 導入
1. Guru menciptakan suasana kelas yang religius, meminta Ketua Kelas
untuk memimpin doa, memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2. Guru memberi
motivasi siswa secara komunikatif
dan kreatif
dengan beberapa pertanyaan yang berhubungan
dengan
usia
dan profesi/pekerjaan.
3. Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang cara menyebutkan usia dan
profesi/pekerjaan untuk menumbuhkan rasa
ingin tahu siswa.
4. Guru
membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan menunjukkan tujuan pembelajaran
tentang materi yang akan disampaikan.
B.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a.
Kosakata
-Siswa mengamati kosakata/
ungkapan yang ditunjukan guru.
-Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru/ungkapan
tentang usia dan profesi/pekerjaan
sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir.
(Kelas à Kelompok à Perorangan)
b. Pola kalimat :
①KB
(orang) wa KB (bilangan) ~sai desu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta
siswa bagaimana cara menyebutkan usia sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk
berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G : Watashi wa 16-sai desu.
S : ….
Kosakata yang dilatihkan : (bilangan : usia)
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan
Latihan
Tanya-Jawab :
Q
: Nansai desu ka.
A
: ….
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan
② KB
(orang) wa KB (status) desu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta
siswa bagaimana cara menyebutkan status pekerjaan sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk
berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G : Ani wa gakusei desu.
S : ….
Kosakata yang dilatihkan : (status)
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan
Latihan
Tanya-Jawab :
Q
: Oniisan no shigoto wa nann desu ka.
A
: ….
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan
2. Elaborasi
Kegiatan 1 : Menulis「書きましょう」
a.
Pra Kegiatan
-Menerangkan situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan contoh kalimat pernyataan sebagai wujud pelatihan secara komunikatif..
(naskah
di buku SAKURA)
-Menerangkan cara kegiatan.
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.
b. Kegiatan
-Melibatkan
siswa secara aktif untuk mengungkapkan informasi secara tertulis tentang
usia dan pekerjaan sebagai wujud dalam persahabatan dan kepedulian
sosial.
-Siswa bekerja keras/ sungguh-sungguh
mengungkapkan informasi
secara tertulis tentang
usia dan pekerjaan
-Siswa
berani
tampil/ percaya diri mengungkapkan informasi secara tertulis tentang
usia dan pekerjaan.
-Guru
memfasilitasi secara bebas sesuai
kreatifitas siswa ketika mengungkapkan informasi secara
tertulis tentang usia dan pekerjaan sebagai wujud demokratis.
-Guru mengamati kegiatan siswa.
3.
Komfirmasi
-Siswa melaporkan
hasil karya tulisnya sebagai wujud percaya diri/ berani, kerja sama dan persahabatan.
-Guru memberi masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan
selama kegiatan berlangsung), disampaikan secara komunikatif.
-Guru memberikan penguatan tentang materi
pembelajaran berdasarkan referensi
yang dimiliki secara bertanggungjawab.
C. Penutup
1. Guru
mengarahkan siswa secara mandiri
untuk berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).
2. Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang
telah diberikan secara bertanggungjawab.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah
diajarkan secara demokratis.
4. Guru merencanakan kegiatan tindak
lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (siswa).
5. Guru
menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
agar gemar membaca/menulis dengan menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
6.
Guru memotivasi siswa agar mau menggunakannya dalam
komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.
|
5分
20分
15分
10分
10分
15分
10分
5分
|
Hiragana/
Katakana diajarkan secara
bertahap sesuai kebutuhan
|
VIII.
Sumber Belajar :
●Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
●LKS Bahasa Jepang SAKURA
●Media Utama : Bend
Nyata (kalender)
●Guru
●Audio Visual/ CD
Sakura
●Gambar-gambar
IX. PENILAIAN
Teknik Penilaian : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan
kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik
Magelang, ……………
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA
Taruna Nusantara Pamong
Bahasa Jepang
Wakasek Pendidikan
Drs.
YB. Suparmono, M. Si Drs.
Endang Sutisna
NIP.19580123
198103 1004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar