08 April, 2013

RPP 教案 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

日本語の教案(18

Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス  : X/2
Alokasi Waktu 時間  :90分
_____________________________
 

I.      Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga.

II.    Kompetensi Dasar :

1   Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana  sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2  Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.

III.   Indikator

NO.
INDIKATOR
ASPEK PEND.  KARAKTER
1
Mengungkapkan usia, dan pekerjaan/profesi.
Semangat, rasa ingin tahu, pengetahuan luas, Keberanian, Jujur, percaya diri, demokratis, kreatif, komunikatif.
2
-



IV.  Tujuan Pembelajaran :
      Siswa dapa menanyakan dan menyebutkan usia dan profesi/pekerjaan.


V.    Materi Pembelajaran : Bab 18 Chichi wa kyōshi desu

VI.  Metode dan model Pembelajaran:

      1.   Metode                     :  Metode Terpadu
      2.   Model Pembelajaran:  Pengamatan, drill, tanya-jawab, penugasan

VII.  Strategi Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran   学 習 内 容

Waktu
時間

Keterangan
メーモ

A.      PENDAHULUAN  導入 
1.  Guru menciptakan suasana kelas yang religius, meminta Ketua Kelas untuk  memimpin doa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2.  Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan usia dan profesi/pekerjaan.
3.  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang cara menyebutkan usia dan profesi/pekerjaan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa.
4.  Guru membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan menunjukkan tujuan pembelajaran tentang materi yang akan disampaikan.


B.    Kegiatan Inti

1. Eksplorasi
a. Kosakata
      -Siswa mengamati kosakata/ ungkapan yang ditunjukan guru.
-Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru/ungkapan  tentang usia dan profesi/pekerjaan sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir.
      (Kelas à Kelompok à Perorangan)

b. Pola kalimat :
KB (orang) wa KB (bilangan) ~sai desu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta siswa bagaimana cara menyebutkan usia sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G : Watashi wa 16-sai desu.
S :    .
Kosakata yang dilatihkan : bilangan : usia
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan
Latihan Tanya-Jawab :
Q : Nansai desu ka.
A : ….

-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan

② KB (orang) wa KB (status) desu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta siswa bagaimana cara menyebutkan status pekerjaan sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G : Ani wa gakusei desu.
S :    .
Kosakata yang dilatihkan : status
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan
Latihan Tanya-Jawab :
Q : Oniisan no shigoto wa nann desu ka.
A : ….

-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan

2.  Elaborasi

 Kegiatan 1 : Menulis書きましょう」

a. Pra Kegiatan
-Menerangkan situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan contoh kalimat pernyataan sebagai wujud pelatihan secara komunikatif..
(naskah di buku SAKURA)

-Menerangkan cara kegiatan.
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.

b. Kegiatan
-Melibatkan siswa secara aktif untuk mengungkapkan informasi secara tertulis  tentang  usia dan pekerjaan sebagai wujud dalam persahabatan dan kepedulian sosial.
     -Siswa bekerja keras/ sungguh-sungguh  mengungkapkan informasi 
       secara tertulis  tentang  usia dan pekerjaan
-Siswa berani tampil/ percaya diri mengungkapkan informasi secara tertulis  tentang  usia dan pekerjaan.
-Guru memfasilitasi secara bebas sesuai  kreatifitas siswa  ketika  mengungkapkan informasi secara tertulis  tentang  usia dan pekerjaan sebagai wujud demokratis.
-Guru mengamati kegiatan siswa.

3. Komfirmasi
-Siswa melaporkan hasil  karya tulisnya   sebagai wujud percaya diri/ berani,  kerja sama dan persahabatan.
-Guru memberi masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan selama kegiatan berlangsung), disampaikan secara komunikatif.
-Guru memberikan penguatan tentang materi pembelajaran berdasarkan referensi yang dimiliki secara bertanggungjawab.


C.    Penutup
1.  Guru mengarahkan siswa secara mandiri untuk berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).

2.   Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang telah diberikan secara bertanggungjawab.

3.  Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah diajarkan secara demokratis.

4.  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layan­an konseling dan/atau memberikan tugas baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (siswa).

5.  Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar membaca/menulis  dengan menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

6. Guru memotivasi siswa agar  mau menggunakannya dalam komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.



5
















20







15













10










10










15












10









5





















Hiragana/
Katakana diajarkan secara bertahap sesuai kebutuhan











VIII.      Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
LKS Bahasa Jepang SAKURA
Media Utama : Bend Nyata (kalender)
Guru
Audio Visual/ CD Sakura
Gambar-gambar

IX.      PENILAIAN
Teknik Penilaian         : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai       : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian            : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen       : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik


Magelang,  ……………
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA Taruna Nusantara                                                  Pamong Bahasa Jepang
Wakasek Pendidikan



Drs. YB. Suparmono,  M. Si                                                               Drs. Endang Sutisna
NIP.19580123 198103 1004

Tidak ada komentar: