日本語の教案(16)
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
_____________________________
I.
Standar
Kompetensi :
Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga.
II. Kompetensi Dasar :
1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana
sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2 Melakukan dialog sederhana dengan
lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.
III. Indikator
NO.
|
INDIKATOR
|
ASPEK PENDIDIKAN KARAKTER
|
1
|
Menyebutkan anggota keluarga sendiri dan jumlahnya.
|
Semangat, rasa ingin tahu, pengetahuan luas, Keberanian, Jujur, percaya
diri, demokratis, kreatif, komunikatif.
|
2
|
-
|
IV. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapa menanyakan dan
menyebutkan anggota keluarga sendiri dan jumlahnya.
V. Materi Pembelajaran : Bab 14 Nihongo no jugyō wa kantan desu ka.
VI.
Metode dan model
Pembelajaran:
1. Metode : Metode Terpadu
2.
Model Pembelajaran: Pengamatan, drill, tanya-jawab,
penugasan
VII. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan
Pembelajaran 学 習 内 容
|
Waktu
時間
|
Keterangan
メーモ
|
A.
PENDAHULUAN 導入
1. Guru menciptakan suasana kelas yang religius, meminta Ketua Kelas
untuk memimpin doa, memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2. Guru
memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif
dengan beberapa pertanyaan yang
berhubungan dengan nama-nama hari, tanggal, dan bulan.
3. Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar
tentang cara menyebutkan anggota keluarga sendiri dan
jumlahnya untuk menumbuhkan rasa
ingin tahu siswa.
4. Guru
membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan menunjukkan tujuan pembelajaran
tentang materi yang akan disampaikan.
B.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a.
Kosakata
-Siswa mengamati kosakata/
ungkapan yang ditunjukan guru.
-Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru/ungkapan
tentang anggota keluarga sendiri
dan jumlahnya sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir.
(Kelas à Kelompok à Perorangan)
b. Pola kalimat :
①KB
(jumlah)nin kazoku/kyōdai desu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta
siswa bagaimana cara menyebutkan nama-nama hari sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk
berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G : 3-nin kazoku/kyōdai desu.
S : ….
Kosakata yang dilatihkan : (nama anggota keluarga dan jumlahnya)
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan
Latihan
Tanya-Jawab :
Q
: nannin kazoku desu ka.
A
: ….
② KB (saudara kandung) ga KB (jumlah) nin imasu.
G:
Ani ga hitori imasu.
S:
….
Kosakata yang dilatihkan : (jumlah ~nin)
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan
2. Elaborasi
Kegiatan 1 : Interview「話しましょう」
a.
Pra Kegiatan
-Menerangkan situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan contoh percakapan dan sebagai wujud
melatihkannya secara komunikatif.
A
: Nannin kazokudesu ka.
B
: ….
-Menerangkan cara kegiatan.
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.
b. Kegiatan
-Melibatkan
siswa secara aktif untuk bertanya-jawab
tentang jumlah anggota keluarga
sebagai wujud dalam persahabatan dan kepedulian sosial.
-Siswa bekerja keras/ sungguh-sungguh
bertanya-jawab dengan
teman tentang jumlah anggota.
-Siswa
berani
tampil/ percaya diri berdialog dengan
teman.
-Guru
memfasilitasi secara bebas sesuai
kreatifitas siswa ketika
bertanya-jawab sebagai wujud demokratis.
-Guru mengamati kegiatan siswa.
3.
Komfirmasi
-Siswa melaporkan
hasil interview sebagai wujud percaya diri/ berani, kerja sama dan persahabatan.
-Siswa lain menyimak
sebagai wujud rasa ingin tahu, lalu menjawab pertanyaan yang diajukan guru
sebagai wujud keteguhan hati dan keberanian.
-Guru memberi masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan
selama kegiatan berlangsung), disampaikan secara komunikatif.
-Guru memberikan penguatan tentang materi
pembelajaran berdasarkan referensi
yang dimiliki secara bertanggungjawab.
C. Penutup
1. Guru
mengarahkan siswa secara mandiri
untuk berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).
2. Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang
telah diberikan secara bertanggungjawab.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah
diajarkan secara demokratis.
4. Guru merencanakan kegiatan tindak
lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (siswa).
5. Guru
menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
agar gemar membaca/menulis dengan menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
6.
Guru memotivasi siswa agar mau menggunakannya dalam
komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.
|
5分
20分
15分
10分
10分
15分
10分
5分
|
Hiragana/
Katakana diajarkan secara
bertahap sesuai kebutuhan
|
VIII.
Sumber Belajar :
●Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
●LKS Bahasa Jepang SAKURA
●Media Utama : Bend
Nyata
●Guru
●Audio Visual/ CD
Sakura
● Gambar-gambar
IX. PENILAIAN
Teknik Penilaian : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan
kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik
Magelang, ……………
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA
Taruna Nusantara Pamong
Bahasa Jepang
Wakasek Pendidikan
Drs.
YB. Suparmono, M. Si Drs.
Endang Sutisna
NIP.19580123
198103 1004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar