日本語の教案(2)
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/1
Alokasi Waktu 時間 :90分
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/1
Alokasi Waktu 時間 :90分
I. Standar Kompetensi :
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau
dialog sederhana tentang angka dan instruksi di dalam kelas.
II. Kompetensi Dasar :
1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frase, atau
kalimat) dalam suatu wacana dengan
mencocokan dan membedakan secara tepat.
2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai
bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.
III.
Indikator :
NO.
|
INDIKATOR
|
ASPEK PEND. KARAKTER
|
1
|
Mengidentifikasi makna ungkapan dari wacana lisan
|
Semangat, rasa ingin tahu
|
2
|
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang
mirip
|
Gigih, pengetahuan luas
|
3
|
Mencocokkan
ujaran dengan gambar/tulisan.
|
Keteguhan terhadap prinsip, kemampuan mengambil keputusan
|
IV. Tujuan Pembelajaran : Mengidentifikasikan salam sesuai dengan kondisi dan keadaan waktu.
V. Materi Pembelajaran : Bab 2 Tatte kudasai
VI.
Metode dan model
Pembelajaran:
1. Metode : Eclectikc Methode (Metode Bervariasi)
2.
Model Pembelajaran: Pengamatan, drill, tanya-jawab,
penugasan
VII. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran 学 習 内 容
|
Waktu
時間
|
Keterangan
メーモ
|
A. PENDAHULUAN 導入
1.
Guru menciptakan
suasana kelas yang religius,
meminta Ketua Kelas untuk memimpin
doa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2.
Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan
kreatif
dengan beberapa pertanyaan yang berhubungan
dengan angka
dan instruksi di dalam kelas.
3.
Guru menyampaikan
cakupan materi secara garis besar tentang angka dan instruksi di dalam kelas untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa.
4.
Guru membangkitkan rasa ingin tahu siswa
dengan menunjukkan tujuan
pembelajaran tentang materi yang akan disampaikan.
B.
Kegiatan Inti
●Kosakata
-Siswa mengamati
kosakata/ ungkapan salam.
-Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru tentang ungkapan salam sebagai
wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir.
(Kelas à Kelompok à Perorangan)
2. Elaborasi
Kegiatan 1 Melakukan
instruksi 「聞きましょう」Mendengarkan
a.
Pra Kegiatan
-Menerangkan
situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan
contoh percakapan dan melatihkannya sebagai wujud komunikatif.
.
A: Tatte
kudasai.
B: (Memperagakan)
-Menerangkan
cara kegiatan.
-Memberi contoh
cara melakukan kegiatan.
b. Kegiatan
-Siswa bekerja
keras/ sungguh-sungguh menyimak instruksi
di dalam kelas..
- Siswa mencocokan gambar yang sesuai dengan
ungkapan sebagai wujud keteguhan terhadap prinsip, kemampuan
mengambil keputusan
-Guru mengamati
kegiatan siswa
sebagai wujud tanggung jawab.
3.
Komfirmasi
-Mempasilitasi siswa
dan memberi penekanan ketika mencocokan jawaban dari kegiatan mendengarkan
sebagai wujud demokratis.
-Guru memberi
masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan selama kegiatan
berlangsung),
disampaikan secara komunikatif.
- Guru
memberikan penguatan tentang materi pembelajaran berdasarkan referensi yang dimiliki
secara bertanggungjawab.
C.
Penutup
1. Guru mengarahkan
siswa secara mandiri untuk
berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).
2. Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang telah diberikan
secara bertanggungjawab.
4.
Guru memberikan umpan
balik terhadap materi yang telah diajarkan secara demokratis.
5. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut secara mandiri
dalam bentuk pembelajaran
remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik (siswa).
6. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar
membaca/menulis dengan menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
6. Guru
memotivasi siswa agar mau menggunakannya dalam
komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.
|
![]()
15分
10分
30分
15分
10分
|
Hiragana/
Katakana
diajarkan secara bertahap sesuai kebutuhan
|
VIII.
Sumber Belajar :
●Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
●Media Utama : kartu
kosakata
●Guru
●Audio Visual/ CD
Sakura
●Gambar-gambar
IX. PENILAIAN
Teknik Penilaian : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan
kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik
Magelang, ………..
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA
Taruna Nusantara Pamong Bahasa Jepang
Wakasek Pendidikan,
Drs.
YB. Suparmono, M. Si Drs. Endang Sutisna
NIP.19580123
198103 1004
5 komentar:
Ini RPP model KTSP kan. mengapa tidak dituliskan materi pelajaran secara garis besar, penggunaan web/situs bhs Jepang, serta penilaian berupa soal dan score.
Ini RPP model KTSP kan. mengapa tidak dituliskan materi pelajaran secara garis besar, penggunaan web/situs bhs Jepang, serta penilaian berupa soal dan score.
silabus kurikulum baru perlu dibuat ber-sama2 ,di momen apa ya?
mau donk dikirim lwt email Silabus dan RPP kur 2013. yoroshiku onegaishimasu
Posting Komentar