日本語の教案(1)
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/1
Alokasi Waktu 時間 :90分
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/1
Alokasi Waktu 時間 :90分
I.
Standar
Kompetensi :
Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas diri.
II. Kompetensi Dasar :
1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan lafal yang tepat
dalam kalimat sederhana sesuai konteks
yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2 Melakukan dialog sederhana dengan
lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.
III. Indikator
NO.
|
INDIKATOR
|
ASPEK PEND. KARAKTER
|
1
|
Melafalkan huruf/kata/ frase/kalimat dengan tepat
|
Semangat, rasa ingin tahu
|
2
|
Mencocokkan
ujaran dengan gambar/tulisan.
|
Gigih, pengetahuan luas
|
3
|
Menyebutkan kalimat/ungkapan
sesuai dengan situasi yang tepat
|
Keberanian, kemampuan mengambil
keputusan
|
4
|
Menjawab dengan benar sesuai konteks.
|
Keteguhan terhadap prinsip
|
5
|
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
|
Jujur, percaya diri
|
6
|
Berdialog
sesuai konteks.
|
Tanggung jawab, komunikatif,
demokratis
|
7
|
Menggunakan
ungkapan dan sikap tubuh yang benar.
|
Percaya diri, kreatif, komunikatif,
keberanian
|
IV. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat memperkanalkan diri.
- Siswa dapat memperkenalkan orang lain
V. Materi Pembelajaran : Bab 3 はじめまして
Perkenalan
VI.
Metode dan model
Pembelajaran:
1. Metode : Eclectikc Methode (Metode Bervariasi)
2.
Model Pembelajaran: Pengamatan, drill, tanya-jawab,
penugasan
VII. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran 学 習 内 容
|
Waktu
時間
|
Keterangan
メモ
|
A. PENDAHULUAN 導入
1.
Guru menciptakan
suasana kelas yang religius,
meminta Ketua Kelas untuk memimpin
doa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2.
Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan
kreatif
dengan beberapa pertanyaan yang berhubungan
dengan tata cara perkenalan.
3. Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang tata cara
memperkenalkan diri untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa.
4.
Guru membangkitkan rasa ingin tahu siswa
dengan menunjukkan tujuan
pembelajaran tentang materi yang akan disampaikan.
B.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a. Kosakata
-Siswa mengamati
kosakata/ ungkapan perkenalan.
-Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru tentang cara menyampaikan nama,
status, daerah asal, dan ungkapan perkenalan sebagai wujud dalam memfasilitasi
siswa untuk berfikir.
(Kelas à Kelompok à Perorangan)
b. Pola kalimat :
①KB (orang) は KB (nama/status) です。
-Mengenalkan
pola kalimat dengan cara bertanya meminta siswa bagaimana caranya jika
menyampaikan nama/status sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk
berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh
dan melatihkannya secara bertahap.
G : わたしは ウンダン です。
S :
(Menirukannya)
Kosakata yang dilatihkan : (nama-nama orang)
-Menulis pola
kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan
pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan)
②KB (orang) はKB (sekolah) の (nama/status) です。
-Mengenalkan
pola kalimat dengan cara meminta siswa menjawab pertanyaan tentang status
sekarang sebagai wujud komunikatif.
G : (Apa status
Sdr sekarang?)
S : Siswa SMA
TN
G : (Memberi
contoh dan melatihkannya)
わたしは SMA TNの せいとです。
Kosakata yang
dilatihkan : (Nama-nama sekolah, nama orang)、せんせい。
-Menulis pola
kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan
pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan)
③KB (orang) は (nama tempat/kota)から きました。
-Mengenalkan
pola kalimat dengan cara meminta siswa menjawab pertanyaan tentang daerah
asal sebagai wujud komunikatif..
G : (Saudara
berasal dari mana?)
S : Surabaya
G :
(Memberi contoh dan melatihkannya
~さんは スラバヤ から きました。
Kosakata yang dilatihkan
: (Nama-nama kota)
-Menulis pola
kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan
pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan)
2. Elaborasi
Kegiatan 1 Bermain
peran tentang Memperkenalkan diri はじめまして 「話しましょう」
a. Pra Kegiatan
-Menerangkan
situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan
contoh percakapan dan melatihkannya sebagai wujud komunikatif.
·
はじめまして。(わたしは)ウンダンです。
·
タシクから きました。
·
どうぞよろしく。
-Menerangkan
cara kegiatan (bermain-peran) :
-Memberi contoh
cara melakukan kegiatan.
b.
Kegiatan
-Melibatkan siswa
secara aktif untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang sebagai wujud
dalam persahabatan dan kepedulian sosial.
-Siswa bekerja keras/ sungguh-sungguh bermain peran dalam memperkenalkan diri.
-Siswa berani tampil/ percaya diri dalam
memperkenalkan diri.
-Guru memfasilitasi secara bebas
sesuai kreatifitas siswa masing-masing ketika memperkenalkan diri
sebagai wujud demokratis.
-Guru mengamati
kegiatan siswa.
3. Komfirmasi
-Siswa
secara berpasangan mempraktekkan perkenalan di depan kelas sebagai wujud kerja
sama dan persahabatan.
-Siswa
lain menyimak sebagai wujud rasa ingin tahu, lalu menjawab
pertanyaan yang diajukan guru sebagai wujud
-Guru memberi
masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan selama kegiatan
berlangsung),
disampaikan secara komunikatif.
- Guru memberikan penguatan tentang tata cara
memperkenalkan diri berdasarkan referensi yang dimiliki
secara bertanggungjawab.
Kegiatan 2
Memperkenalkan orang lain
a. Pra Kegiatan
-Menerangkan
situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan
contoh percakapan dan melatihkannya sebagai wujud komunikatif.
Saya : みなさん、こちらは トノさんです。
Tono : はじめまして。(わたしは)トノです。
Saya : トノさんは スラバヤから きました。
SMA TN の せいとです。
Tono: どうぞよろしく。
-Menerangkan
cara kegiatan (bermain-peran) :
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.
b. Kegiatan
-Melibatkan siswa
secara aktif untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang sebagai wujud
dalam persahabatan dan kepedulian sosial.
-Siswa bekerja keras/ sungguh-sungguh bermain peran dalam memperkenalkan diri.
-Guru memfasilitasi secara bebas
sesuai kreatifitas siswa
masing-masing ketika memperkenalkan diri sebagai wujud demokratis.
-Guru mengamati
kegiatan siswa.
c.Komfirmasi
-Guru memberi
masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan selama kegiatan
berlangsung),
disampaikan secara komunikatif.
-Guru bertanya tentang isi perkenalan yang
disampaikan siswa, sebagai wujud untuk
memfasilitasi siswa dalam berfikir.
- Guru
memberikan penguatan tentang materi pembelajaran
secara bertanggungjawab.
C.
Penutup
1. Guru mengarahkan
siswa secara mandiri untuk
berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).
2. Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang telah diberikan
secara bertanggungjawab.
3.
Guru memberikan umpan
balik terhadap materi yang telah diajarkan secara demokratis.
4. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut secara mandiri
dalam bentuk pembelajaran
remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik (siswa).
5. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar
membaca/menulis dengan menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
6. Guru
memotivasi siswa agar mau menggunakannya dalam
komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.
|
5分
10分
10分
10分
5分
5分
15分
5分
5分
10分
5分
5分
|
Hiragana/
Katakana
diajarkan secara bertahap sesuai kebutuhan
|
VIII.
Sumber Belajar :
●Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
●Media Utama : PPT
(powerpoint)
●Guru
●Audio Visual/ CD
Sakura
●Gambar-gambar
IX. PENILAIAN
Teknik Penilaian : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan
kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik
Magelang, …….
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA Taruna
Nusantara Pamong Bahasa Jepang
Wakasek Pendidikan
Drs.
YB. Suparmono, M. Si Drs.
Endang Sutisna
NIP.19580123
198103 1004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar