12 April, 2013

Benda-Benda yang Biasa dibawa ke Sekolah 日本語で何ですか。




 


■ Materi Pembelajaran : Apa Bahasa Jepangnya? 日本語で何ですか。
■ Kelas/ Semester : X / 1
■ Standar Kompetensi : Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sekolah.

■ Kompetensi Dasar :
   1. Memperoleh informasi umum dan atau rinci secara tepat.
   2. Mengungkapkan berbagai informasi secara lisan dalam
       kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan
       kecakapan menggunakan kata, frase, dalam kalimat dengan
       huruf dan struktur yang tepat.

■ Tujuan Pembelajaran : Dapat menyebutkan dan menanyakan benda-benda yang biasa dibawa ke sekolah.
           
■ Kegiatan : Berbicara 話しましょう KUIS クイズ」
■ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran : RPP nomor (5)
■ Media : 
1. Power Point (PPT)
2. Video Interaktif

ALUR PEMBELAJARAN

1.    Pengantar Pembelajaran 授業の導入
Mengawali pembelajaran, ditampilkan berbagai jenis benda/ barang yang biasa dibawa ke sekolah. Tujuannya untuk memberikan gambaran kepada peserta didik tentang jenis benda sehingga mereka ingin mengetahui penggunaan kosakata jenis benda tersebut dalam pola kalimat bahasa Jepang.

2.    Pengenalan Materi + Latihan Dasar 導入+基本練習
Kegiatan pembelajaran ini bertujuan untuk mengenalkan/ melatihkan kosakata dan pola kalimat.
a.    Kosakata
Media yang digunakan untuk mengenalkan “makna” kosakata baru adalah media gambar dan kosakata berbahasa Indonesia. Sedangkan kosakata yang bertuliskan huruf Kana adalah untuk mengenalkan tulisan dan cara mengucapkannya. Cara latihan pengulangan dan pergantian dilakukan dalam latihan dasar ini agar peserta didik dapat memahami dan mengingat kosakata baru.

b.    Pola Kalimat
Strategi pembelajaran dalam kegiatan ini memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya (drill) kepada peserta didik untuk menggunakan kosakata dalam pola kalimat baru.
Cara latihan : pengulangan dan pergantian.
Setelah latihan (drill), peserta didik diarahkan agar dapat menjelaskan cara penggunaan pola kalimat baru tersebut.
Jenis Latihan Pola Kalimat :
1)    Mengungkapkan pernyataan berdasarkan pola kalimat baru.
2)    Latihan Tanya- Jawab
(a)  Terarah (sesuai media yang ditunjukkan pengajar)
(b)  Bebas. Menggunakan kosakata yang sudah dipelajari sebelumnya dan aplikatif sesuai situasi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.

3.    Latihan Penerapan 応用練習
Tujuan kegiatan penerapan agar peserta didik dapat menyampaikan informasi  lisan/ tertulis dalam situasi nyata yang dekat dengan kehidupan sebenarnya. Untuk itu, mereka melakukan kegiatan di kelas sesuai dengan scenario pembelajaran sehingga mereka dapat menggunakan kosakata dan pola kalimat dalam komunikasi baik lisan maupun tertulis.

4.    Kesimpulan まとめ
Peserta didik diarahkan dapat berkomunikasi baik secara terarah maupun bebas tentang nama-nama benda yang biasa dibawa ke sekolah.
Ingin tahu proses pembelajarannya? Silakan download :

 DAFTAR PUSTAKA
1.  Buku The Japan Foundation Jakarta dan Direktorat Pembinaan SMA 2009, Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1, 2, dan 3  “SAKURA”.

2. LKS Bahasa Jepang SAKURA 1, SAKURA 2, dan SAKURA 3, MGMP Bahasa Jepang Jawa Tengah-DI. Yogyakarta/ Pancaran Media.

3. Materi Diklat Metodologi Pengajaran Bahasa Jepang  研修用教授法教材、The Japan Foundation/ PPPPTK Bahasa Jakarta



Tidak ada komentar: