Peserta didik saat ini berada di
lingkungan masyarakat digital. Mereka sangat dekat dengan media teknologi yang
berkembang sangat cepat. Kedekatan mereka dengan teknologi canggih menjadi
tantangan dan kesempatan bagi para pengajar untuk berkreasi menemukan strategi
dan model pembelajaran yang sesuai dengah kebutuhan di era saat ini.
Dulu, disaat peserta didik mencari makna
satu kata berbahasa Asing, mereka harus mencarinya di kamus yang cukup tebal.
Sekarang? …. Tidak hanya satu kata, puluhan kata sangat mudah diperoleh hanya
dengan hitungan detik. Mereka cukup meng-kliknya
di google. Belajar pun demikian, mereka menjadikan media teknologi
sebagai alternatif untuk mengetahui solusi pemecahan masalah secara instan.
Bahasa Jepang Teknik N3 adalah salah
satu alternatif pembelajaran interaktif yang ingin saya perkenalkan kepada pemerhati
bahasa Jepang di tanah air. Melalui media ini pembelajar bisa mengikuti latihan
bahasa Jepang secara mandiri. Sedangkan, pengisi suara (pemateri) hanya sebagai
fasilitator yang mengarahkan pembelajar untuk lebih banyak berperan aktif dalam
mengikuti latihan sesuai petunjuk yang diberikan melalui media powerpoint (PPT).
Contoh model, drill pengulangan dan
pergantian mewarnai pendekatan, strategi, metode, dan teknik untuk memahami,
mengingat, serta menggunakan materi baru dalam berinteraksi dengan fasilitator.
Pembelajar dituntun untuk nontoni (melihat),
niteni (mengamati), dan niruake (menirukan). Inilah yang dimaksud dengan teknik N3 (nontoni, niteni, dan niruake). Pembelajar akan melihat dan
mengamati tulisan Romaji yang dilengkapi dengan Hiragana. Pembelajar juga akan
menirukan contoh model ucapan kosakata, ungkapan, dan kalimat serta mengamati maknanya.
Efektifkah teknik N3 ini? Mampukah media
ini memfasilitasi pembelajar dalam memahami, mengingat, dan menggunakannya
dalam latihan berkomunikasi? Bagaimanakah suara hasil rekamannya? Komentar Anda sangat saya harapkan. Silakan di-download pada menu “Belajar Mandiri” di di
bawah ini! Hasil rekaman ini adalah
uji-coba pertama saya yang belum optimal sehingga masih banyak kekurangannya.
Bagaimanakah cara
membuatnya?
1. Materi
dibuat dengan media PPT.
2. Instal-lah
aikon recording ke dalam komputer/laptop Kita!
3. Dengan
bantuan aikon di atas, kita bisa merekam suara sendiri sambil menayangkan media
PPT-nya.
4. Bekerjasamalah
dengan petugas rekaman profesional agar suara hasil rekamannya sempurna!
5. Hasil
rekaman di PPT bisa kita dengarkan, bisa kita lihat dan kita amati, serta bisa kita tirukan untuk belajar bahasa Jepang
secara mandiri. Inilah teknik N3.
Selamat berkarya!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar