Semua peserta didik
pada dasarnya memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang dalam mengikuti
pembelajaran. Untuk itu, mampukah kita sebagai pengajar mengoptimalkan
potensinya? Bagaimana kita memerankan mereka dalam pembelajaran? Lantas posisi
kita sebagai pengajar seperti apa?
Seorang aktris
terkenal tidak luput dari peran seorang sutradara yang menyusun skenario dengan
harapan laku di pasaran. Itulah peserta didik jika kita ibaratkan sebagai
aktris, maka pengajar adalah sebagai sutradaranya yang senantiasa berusaha
optimal untuk membuat skenario pembelajaran sesuai kebutuhan.
Pendekatan, strategi,
metode, teknik, dan model pembelajaran
seperti apa yang mampu memerankan peserta didik untuk lebih banyak berotoaktifitas,
sedangkan pengajar lebih sedikit bicara? Alur pembelajaran yang sistematis dan
efektif perlu direncanakan dan disiapkan oleh para pengajar. Berikut adalah
alur bagi pengajar untuk memfasilitasi peserta didik agar mereka memahami,
mampu mengingat dan mampu menggunakannya ketika berkomunikasi. Silakan donwnload :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar