■
Materi Pembelajaran : Kemampuan ピアノがとくいですね。
■ Kelas : XI (sebelas)
■ Standar Kompetensi : Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan
sehari-hari.
■ Kompetensi Dasar :
1. Memperoleh informasi umum dan atau rinci secara lisan dengan lafal
yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan
berbahasa yang santun.
2. Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan tepat yang mencerminkan
kecakapan berkomunikasi santun.
■ Tujuan Pembelajaran : Dapat
menyebutkan dan menanyakan kemampuan/ kemahiran.
■ Kegiatan : Berbicara 話しましょう「 Kuis クイズ」
■ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran : RPP
(mampu/ mahir)
■ Media : Power Point (PPT)
ALUR PEMBELAJARAN
1.
Pengantar Pembelajaran 授業の導入
Mengawali
pembelajaran, ditampilkan gambar yang menunjukkan kemampuan seseorang.
Tujuannya untuk memberikan gambaran kepada peserta didik agar mereka ingin
mengetahui, memahami, mengingat, dan menggunakan kosakata tersebut dalam pola kalimat bahasa Jepang.
Ketika
apersepsi dilakukan latihan membaca huruf Kana terutama yang berhubungan dengan
kosakata/ kalimat yang berhubungan dengan materi saat itu.
2. Pengenalan
Materi + Latihan Dasar 導入+基本練習
Kegiatan
pembelajaran ini bertujuan untuk mengenalkan/ melatihkan kosakata dan pola
kalimat.
a.
Kosakata
Media yang digunakan untuk
mengenalkan “makna” kosakata baru adalah media gambar dan kosakata berbahasa
Indonesia. Sedangkan kosakata yang bertuliskan huruf Kana adalah untuk
mengenalkan tulisan dan cara mengucapkannya. Cara latihan pengulangan dan
pergantian dilakukan dalam latihan dasar ini agar peserta didik dapat memahami
dan mengingat kosakata baru.
b.
Pola Kalimat
Strategi pembelajaran dalam
kegiatan ini memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya (drill) kepada peserta
didik untuk menggunakan kosakata dalam pola kalimat baru.
Cara latihan : pengulangan
dan pergantian.
Setelah latihan (drill),
peserta didik diarahkan agar dapat menjelaskan cara penggunaan pola kalimat
baru tersebut.
Jenis Latihan Pola Kalimat :
1)
Mengungkapkan pernyataan berdasarkan pola
kalimat baru.
2)
Latihan Tanya- Jawab
(a) Terarah
(sesuai media yang ditunjukkan pengajar)
(b) Bebas.
Menggunakan kosakata yang sudah dipelajari sebelumnya dan aplikatif sesuai
situasi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
3. Latihan
Penerapan 応用練習
Tujuan
kegiatan penerapan agar peserta didik dapat menyampaikan informasi lisan/ tertulis dalam situasi nyata yang dekat
dengan kehidupan sebenarnya. Untuk itu, mereka melakukan kegiatan di kelas
sesuai dengan scenario pembelajaran sehingga mereka dapat menggunakan kosakata
dan pola kalimat dalam komunikasi baik lisan maupun tertulis.
4. Kesimpulan
まとめ
Peserta
didik diarahkan dapat berkomunikasi baik secara terarah maupun bebas tentang kemampuan
seseorang.
Ingin
tahu proses pembelajarannya? Silakan download
:
■ DAFTAR
PUSTAKA
1. Buku The
Japan Foundation Jakarta dan Direktorat Pembinaan SMA 2009, Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1, 2, dan 3 “SAKURA”.
2. LKS Bahasa Jepang SAKURA 1, SAKURA 2, dan SAKURA
3, MGMP Bahasa Jepang Jawa Tengah-DI. Yogyakarta/ Pancaran Media.
3.
Materi Diklat Metodologi Pengajaran Bahasa
Jepang 研修用教授法教材、The Japan Foundation/
PPPPTK Bahasa Jakarta
4. Foto-foto
:
a. Keluarga,
Peserta Diklat/ Training Urawa Jepang
b. dari
internet : www.google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar