PESERTA DIDIK LESU ….
MAMPUKAH METODE “DOKU” MENGOBATINYA?
Drill pengulangan dan pergantian
adalah salah satu strategi pembelajaran untuk memahami dan mengingat kosakata/
pola kalimat ketika latihan dasar. Urutan latihan ini dilakukan secara klasikal
(rombongan belajar dalam satu kelas), kelompok, dan perorangan (individual).
Tujuannya agar peserta didik memiliki kemampuan dasar tentang makna, ucapan,
dan tulisan kosakata sehingga mampu
menggunakannya dalam pola kalimat atau percakapan.
Seiring perubahan
prilaku peserta didik yang cenderung atraktif, cepat bosan, dan cepat merasa
jenuh, maka pendidik harus mampu menyajikan pembelajaran yang variatif dan
adaptif. Mereka (peserta didik) adalah seorang remaja yang menyukai tantangan. Jati
diri mereka ingin diakui lingkungan dan teman-teman sebayanya. Untuk itu,
diperlukan pembelajaran yang menantang dan memotivasi. Pembelajaran yang
memotivasi sangat tepat bagi mereka. Mengapa? Karena “pembelajaran yang memotivasi”
adalah mendorong dan memberi semangat pada peserta didik untuk mencapai
prestasi, teknik, berani mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri serta
berkompetisi (Pedoman Pelaksanaan Standar Proses, 2009).
Metode DOKU adalah
salah satu upaya pembelajaran atraktif, menyenangkan, dan memberi peluang kepada
peserta didik untuk unjuk kebolehan dalam menumbuhkembangkan potensi dirinya.
Selain itu, metode DOKU mampu membangkitkan minat/ motivasi belajar peserta
didik dalam memahami, mengingat, dan
menggunakan kosakata dalam pola kalimat/
percakapan.
Seperti apa dan
bagaimanakah pelaksanaan metode DOKU dalam pembelajaran Bahasa Jepang? Metode
DOKU adalah salah satu strategi pembelajaran terpadu antara doriru (drill) dan kuizu (kuis). Variasi model pembelajaran ini memacu para pendidik
harus kreatif dalam menyiapkan media yang diperlukan sesuai materi yang akan
diajarkan.
Apa saja yang harus disiapkan?
- Alur pembelajaran yang jelas tertuang dalam rencana pembelajaran.
- Siapkan media yang akan digunakan ketika proses pembelajaran (jika diperlukan)
- Siapkan materi/ naskah yang akan mendukung proses pembelajaran.
- Jika ada materi pendukung berupa pertanyaan, maka susunlah naskah pertanyaan yang memotivasi dan menantang.
Berikut ini adalah contoh rencana
pembelajaran dan media model pembelajaran menggunakan metode DOKU. Silakan download di :
RPP waktu.doc.html
metode DOKU PPT.ppt.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar