Nama Sekolah : SMA Taruna Nusantara Kelas :
X (sepuluh)
Mata Pelajaran/Program :
Bahasa Jepang/ Intrakurikuler
Semester : 1 / 2
SK :
BERBICARA : 2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog sederhana tentang Identitas diri.
Kompetensi Dasar
|
RANAH KD
|
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
TINGKAT RANAH IPK
|
PENILAIAN |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar
|
2.1. Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat
sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2.2 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
konteks dengan mencocokkan, dan membedakan secara tepat.
|
C2
C1
|
JATI DIRI
Perkenalan
-
Menyebutkan nama sendiri dan nama orang lain: エフィです。/ アリさんです。/ふるかわせんせいです。
-
Menyatakan, menanyakan nama diri わたしはアリです。/ おなまえは。
- Menyatakan asal daerah (kota)
-
Menyatakan perkenalan diri:はじめまして。わたしはアリです。SMAN1の せいとです。どうぞよろしく(おねがいします)。
-
Memperkenalkan orang lain: みなさん、こちらはトノさんです。
- Membaca/menulis
ひらがな(あ~こ)
-
Menyatakan status (siswa) わたしはいちねんせいです。/わたしたちはSMAN1のせいとです。
- Menyatakan, menanyakan dan
menjawab kewarganegaraan/asal negara/ daerah:
わたしはインドネシアじんです。/アリさんはインドネシアのかたです。/おくには。/
インドネシアです。/
ごしゅっしんは。/
スラバヤです。
- Budaya : しょどう
|
·
Melafalkan huruf/kata/
frase/kalimat dengan tepat
·
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
·
Mencocokkan
ujaran dengan gambar/tulisan.
· Mengidentifikasi makna ungkapan dari
wacana lisan
·
Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan
situasi yang tepat
· Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
· Menjawab
dengan benar sesuai konteks.
·
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
· Berdialog sesuai konteks.
· Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang
benar.
|
· Menirukan
bunyi huruf/kata dengan tepat.
· Mendengarkan wacana lisan
(ucapan
guru, tape dll).
· Mengulang
lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
· Mendiskusikan
fungsi
berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
· Menjawab
secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
· Memaparkan
isi wacana
lisan secara umum.
· Menceritakan kembali isi wacana lisan sesuai konteks
·
Mendemonstrasikan
|
|
4 x 45’
|
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1,
Bab 3
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
|
MENDENGARKAN: 1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Iidentitas diri.
Kompetensi Dasar
|
RANAH KD
|
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
Tingkat Ranah IPK
|
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
konteks dengan mencocokkan, dan membedakan secara tepat.
1.2 Memperoleh
informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana
secara tepat.
|
C1
C2
|
Salam sapaan
-Ketika bertemu : おはようございます、こんにちは、こんばんは、おげんきですか、はい、げんきです、
-Ketika berpisah : さようなら、また、あした、また rあいしゅう、おやすみなさい。
Ungkapan : ありがとうございます、いいえ、どういたしまして、すみません、いいえ。
-Budaya : さどう
-Ungkapan yang digunakan di
Kls: きいてください、かいてください、よんでください、あけてください、行ってください、見てください、座ってください、たってください、きてください。
-Hiragana : さ~と
|
·
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
·
Mencocokkan
ujaran dengan gambar/tulisan.
· Mengidentifikasi makna ungkapan dari
wacana lisan
· Menjawab
dengan benar sesuai konteks.
·
Menyampaikan
informasi sederhana dari wacana lisan.
·
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
·
Mencocokkan
ujaran dengan gambar/tulisan.
· Mengidentifikasi makna ungkapan dari
wacana lisan
|
· Mendengarkan bunyi
huruf Jepang.
· Menirukan
bunyi huruf/kata dengan tepat.
· Mendengarkan wacana lisan
(ucapan
guru, tape dll).
· Mengulang
lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
· Mendiskusikan
fungsi
berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
· Menjawab pertanyaan mengenai informasi yang
diperoleh.
· Memaparkan
informasi yang diperoleh secara umum.
· Menceritakan
kembali sesuai konteks
·
Memperagakan perintah
|
C2
C1
C1
C2
C3
|
|
2 x 45’
2 x 45’
|
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1,
Bab 1
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1,
Bab 2
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
|
Kompetensi Dasar
|
Ranah KD
|
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
Tingkat Ranah IPK
|
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar
|
MENDENGARKAN
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
konteks dengan mencocokkan, dan membedakan secara tepat.
1.2 Memperoleh
informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana
secara tepat.
BERBICARA
2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat
sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2.2 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
konteks dengan mencocokkan, dan membedakan secara tepat.
|
C1
C2
C3
C1
|
- Menyatakan, menanyakan dan
menjawab nomor telepon:
でんわばんごうは0542 – 712 -698
です。/でんわばんごうはなんばんですか。
- Ungkapan
lain:
しつれいですが; ああ、そうですか.
-Hiragana : な~ほ
-Tempat asal : ~は~にすんでいます。
-Nomor telepon (mengulang)
-Budaya : HP
|
·
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
·
Mencocokkan
ujaran dengan gambar/tulisan.
· Mengidentifikasi makna ungkapan dari
wacana lisan
· Menjawab
dengan benar sesuai konteks.
·
Menyampaikan
informasi sederhana dari wacana lisan.
·
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang miri
·
Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan
situasi yang tepat
· Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
· Menjawab
dengan benar sesuai konteks.
·
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
· Berdialog sesuai konteks.
· Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang
benar.
|
· Mendengarkan bunyi
huruf Jepang.
· Menirukan
bunyi huruf/kata dengan tepat.
· Mendengarkan wacana lisan
(ucapan
guru, tape dll).
· Mengulang
lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
· Menjawab pertanyaan mengenai informasi yang
diperoleh.
·
Menceritakan kembali sesuai konteks.
· Mendengarkan wacana lisan
(ucapan
guru, tape dll).
· Mengulang
lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
· Mendiskusikan
fungsi
berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
· Menjawab
secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
· Memaparkan
isi wacana
lisan secara umum.
· Menceritakan kembali isi wacana lisan sesuai konteks
|
|
2 x 45’
2 x 45’
|
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1,
Bab 4
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
|
Kompetensi Dasar
|
Ranah KD
|
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
Tingkat Ranah KD
|
Pennilai |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar
|
MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang
tepat.
4.2 Mengungkapkan informasi
secara tertulis dalam kalimat
sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan
kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda
baca dan struktur yang tepat.
BERBICARA
2.1. Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat
sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
konteks dengan mencocokkan, dan membedakan secara tepat.
|
|
-ふくしゅう:Salam, perkenalan, dan nomor
telepon
-Hiragana : ま~よ
Lingkungan Kehidupan Sekolah
-Menyebutkan nama benda : これはえんぴつです。
-Menyebutkan nama benda dengan
berbagai bahasa : Bukuはにほんごでほんです。
-Hiragana : ら~ん
|
§ Menulis huruf/ kata/frase dengan huruf yang tepat Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§ Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§ Menulis wacana
sederhana sesuai materi dengan tanda baca yang tepat
·
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang miri
·
Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan
situasi yang tepat
· Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
· Menjawab
dengan benar sesuai konteks.
·
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
· Berdialog sesuai konteks.
· Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang
benar.
|
o Menulis
kata/frasa/ kalimat dengan huruf yang sesuai dan tepat.
o Melengkapi
wacana yang rumpang.
o Menyusun
frasa atau kalimat menjadi paragraf
o Membuat
cerita berdasarkan gambar.
· Membuat wacana pendek sesuai tema.
· Mengulang
lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
· Mendiskusikan
fungsi
berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
· Menjawab
secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
· Memaparkan
isi wacana
lisan secara umum.
· Menceritakan kembali isi wacana lisan sesuai konteks
|
|
Tes
Praktek (Game)
|
2 x 45’
2 x 45’
|
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1,
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1, Bab 5
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
|
Kompetensi Dasar
|
Ranah KD
|
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
Tingkat Ranah KD
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar
|
2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat
sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2.2. Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
konteks dengan mencocokkan, dan membedakan secara tepat.
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
konteks dengan mencocokkan, dan membedakan secara tepat.
1.2
Memperoleh informasi umum dan
atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.
|
C2
C1
C1
C2
|
トノさんの えんぴつですか。
-Menyatakan kepemilikan : これは わたしの えんぴつです。?だれ
-Menyangkal kepemilikan: これは トノさんの えんぴつではありません。
-Ungkapan : どうぞ、ありがとうございます。
-Hiragana : あ~ん
-ふくしゅう
-Budaya : Di dalam Tas Siswa
SMA Jepang
|
·
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang miri
·
Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan
situasi yang tepat
· Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
· Menjawab
dengan benar sesuai konteks.
·
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
· Berdialog sesuai konteks.
· Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang
benar.
·
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
·
Mencocokkan
ujaran dengan gambar/tulisan.
· Mengidentifikasi makna ungkapan dari
wacana lisan
· Menjawab
dengan benar sesuai konteks.
·
Menyampaikan
informasi sederhana dari wacana lisan.
|
· Mengulang
lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
· Mendiskusikan
fungsi
berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
· Menjawab
secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
· Memaparkan
isi wacana
lisan secara umum.
· Menceritakan kembali isi wacana lisan sesuai konteks
· Mendengarkan bunyi
huruf Jepang.
· Menirukan
bunyi huruf/kata dengan tepat.
· Mendengarkan wacana lisan
(ucapan
guru, tape dll).
· Mengulang
lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
· Menjawab pertanyaan mengenai informasi yang
diperoleh.
·
Menceritakan kembali sesuai konteks.
· Mendengarkan wacana lisan
(ucapan
guru, tape dll).
|
C1
C3
C2
C3
C3
C2
C1
C2
C1
C2
C3
C1
|
|
2 x 45’
2 x 45’
|
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1,
Bab 6
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1, Bab 6
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
|
Kompetensi Dasar
|
Ranah KD
|
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
Ranah KD
|
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar
|
6.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat
sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
6.2 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
konteks dengan mencocokkan, dan membedakan secara tepat.
|
C2
C1
|
どこに ありますか。
-Menyebutkan barang-barang di
dalam kelas: つくえ、ペン、など
-Menyebutkan letak benda : うえ、した、なか、まえ、うしろ、みぎ、ひだり
-Barang-barang di dalam kelas :
つくえ、いす、カレンダー、ごみばこ、ほうき、かびん、
-Budaya : Ini apa?
-Katakana : ア~コ
|
·
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang miri
·
Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan
situasi yang tepat
· Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
· Menjawab
dengan benar sesuai konteks.
·
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
· Berdialog sesuai konteks.
· Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang
benar.
|
· Mengulang
lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
· Mendiskusikan
fungsi
berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
· Menjawab
secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
· Memaparkan
isi wacana
lisan secara umum.
· Menceritakan kembali isi wacana lisan sesuai konteks
|
|
2 x 45’
2 x 45’
|
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1,
Bab 7
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1, Bab 7
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
|
6
Kompetensi Dasar
|
Ranah KD
|
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
Ranah KD
|
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar
|
6.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat
sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
6.2 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
konteks dengan mencocokkan, dan membedakan secara tepat.
|
C2
C1
|
トイレは どこですか。
-Menyatakan keberadaan letak tempat/orang : トイレは あそこです。?どこ
こうちょうしつの となりです。
-Budaya : Kehidupan keseharian
siswa SMA Jepang
ドニさんは どこに いますか。
-Menyatakan tempat keberadaan
seseorang : やまださんは カンテインに います。
Katakana: サ~ト
たんじょうび
-Menyebutkan: 1月、2がつ、など。1日、2日、など。
こんげつ、きょう、あした、など。
-Katakana : ナ~ホ
|
·
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang miri
·
Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan
situasi yang tepat
· Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
· Menjawab
dengan benar sesuai konteks.
·
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
· Berdialog sesuai konteks.
· Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang
benar.
|
· Mengulang
lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
· Mendiskusikan
fungsi
berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
· Menjawab
secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
· Memaparkan
isi wacana
lisan secara umum.
· Menceritakan kembali isi wacana lisan sesuai konteks
|
Tes Praktek (Interview)
|
2 x 45’
2 x 45’
2 x 45’
|
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1,
Bab 8
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1,
Bab 9/10
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
|
Nama Sekolah : SMA Taruna Nusantara
Kelas :
XI
Mata Pelajaran/Program :
Bahasa Jepang/ Intrakurikuler
Semester : 1 / 2
SK : Mendengarkan :5. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
kehidupan sehari-hari.
Berbicara : 6. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog
sederhana tentang kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
RANAH KD
|
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
TINGKAT RANAH IPK
|
PENILAIAN |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar
|
Mendengarkan
5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran(kata,frase atau kalimat) dalam suatu wacana dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat.5.2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.
6.1
Menyampaikan
berbagai informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan
kecakapan berbahasa yang santun
6.2
Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan tepat yang
mencerminkan kecakapan
berkomunikasi santun.
|
C1
C1
C2
C3
|
KEHIDUPAN SEHARI-HARI
あさ なにを しますか
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab
kegiatan harian
あさ ごはんを たべます。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab waktu
kegiatan
5じに おきます。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab jenis
makanan dan minuman.
あさごはん、ひるごはん
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab alat
transportasi.
バスで 学校へ 行きます。
-Kegiatan waktu
senggang
ひまな とき
-Kegiatan yang sudah dilakukan
(lampau)
きのう テレビを 見ました。
-Kegiatan harian
わたしの いちにち
-Berbelanja
かいもの・いくら
|
§ Melafalkan
huruf/kata/ frase dengan tepat
§ Membedakan bunyi huruf dari
kosakata yang mirip
§
Mencocokkan ujaran dengan gambar.
§ Mencocokkan ujaran dengan tulisan.
§ Mencocokkan ujaran dengan
huruf/ kata/frase yang tepat.
§ Mencocokkan
gambar dengan isi wacana
§ Memilih jawaban tepat dari
pilihan jawaban yang sediakan.
§ Menjawab
mengenai isi wacana.
§ Memilih
jawaban yang benar sesuai konteks.
§ Melafalkan
kata/frasa /kalimat dengan intonasi yang
tepat
§ Menjawab
dengan benar sesuai konteks.
§ Menyampaikan informasi
sederhana sesuai
konteks.
§ Berdialog sesuai tema.
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab
pertanyaan sesuai konteks
§ Menggunakan ungkapan dan sikap
tubuh yang benar
|
o
Mendengarkan bunyi huruf Jepang dalam
kosakata/ungkapan/ kalimat.
o
Menirukan bunyi huruf/kata
dengan tepat.
o
Menentukan bunyi /huruf/ kata
yang tepat.
o
Menulis huruf/kata sesuai
kaidah yang benar.
o
Mendengarkan wacana lisan dengan
menggunakan berbagai media
(ucapan guru, tape dll.).
o
Menentukan jawaban yang tepat
mengenai isi wacana.
o
Menentukan jawaban yang tepat
secara lisan mengenai isi monolog.
o
Bertanya-jawab sesuai konteks.
o
Menceritakan sesuai konteks.
o
Mendramatisasikan dialog sesuai
konteks.
(bersambung
ke halaman berikut)
|
- Tes Praktek (Wawancara, role
play, Information gap, demonstrasi)
|
|
Buku
dan Kaset Pelajaran Bahasa Jepang (Contoh:
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang 1 SAKURA
Tema
5.4, Kaset 2 dari Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1) SAKURA
|
Membaca : 7. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari.
Menulis : 8. Mengungkapkan informasi
sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
RANAH KD
|
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
Tingkat Ranah IPK
|
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar
|
7.1
Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana tulis sederhana secara tepat.
7.2
Memperoleh
berbagai informasi umum dan atau rinci
dari wacana tulis sederhana secara tepat.
7.3
Membaca nyaring
kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tulis sederhana dengan huruf
(Hiragana, Katakana, Kanji) secara tepat.
8.1 Menulis kata, frasa dan kalimat
dengan huruf Hiragana,
Katakana, Kanji) yang tepat.
8.2 Mengungkapkan berbagai informasi secara
tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kata, frase dalam kalimat
dengan huruf dan struktur yang tepat.
|
C1
C2
C2
C3
C3
|
-Keadaan letak tempat/kota
ゆうびんきょくは どこに ありますか。
-kondisi
tempat
どんな まちですか。
-Kegemaran
スポーツが すきです。
しゅみは なんですか。
|
§ Menentukan bentuk wacana tulis
§ Memilih tema
wacana tulis
§ Menjawab pertanyaan mengenai isi wacana.
§ Menafsirkan makna
kata/ungkapan sesuai konteks
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar
dsb.
§ Menulis huruf/ kata/frase
dengan huruf yang tepat
§ Menuliskan
jawaban yang tepat
§ Menentukan kosakata yang
tepat sesuai konteks
§ Menyusun kata / frasa
menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§ Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§ Menulis wacana sederhana sesuai
konteks dengan kaidah yang tepat
|
(sambungan
dari halaman sebelumnya)
o
Mengenal berbagai bentuk wacana
tulis.
o
Menentukan tema wacana tulis.
o
Membaca wacana
o
Menentukan informasi yang
diperlukan
o
Menuliskan jawaban yang tepat mengenai isi
wacana dengan tepat.
o
Mengarang sesuai konteks dengan
kaidah yang benar dan tepat
|
- Tes Praktek (membaca)
- Tes Tertulis (pilihan ganda, menjodohkan, mengisi
kalimat rumpang, mengarang)
|
|
Buku
dan Kaset Pelajaran Bahasa Jepang (Contoh:
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang 1 SAKURA
Tema
5.4, Kaset 2 dari Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1) SAKURA
|
Mendengarkan : 9. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog
sederhana tentang wisata.
Berbicara : 10.. Mengungkapkan informasi
sederhana secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang wisata.
Kompetensi Dasar
|
Ranah KD
|
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
Tingkat Ranah IPK
|
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar
|
9.1Mengidentifikasi bunyi, ujaran(kata,frase atau kalimat) dalam suatu wacana dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat.9.2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.
10.1
Peserta didik mampu menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan
kecakapan berbahasa yang santun dan tepat.
|
C1
C2
C3
|
BEREKREASI
Perencanaan perjalanan
- Menyatakan, menjawab keinginan
diri sendiri dan menanyakan keinginan orang lain:バリへ行きたいです。/何をしたいですか。
- Menanyakan dan menjawab
mengenai bepergian: こんどのやすみにどこかへ行きますか。/はい、バリへ行きます。
- Menyatakan, menanyakan dan
menjawab keadaan udara/cuaca: ジャカルタはあついです。/
ジャカルタの天気はどうですか。/はれています。
- Menyatakan dan menjawab
perbandingan keadaan/kondisi: バンドゥンはジャカルタよりすずしいです。
|
§ Melafalkan
huruf/kata/ frase dengan tepat
§ Membedakan bunyi huruf dari
kosakata yang mirip
§
Mencocokkan ujaran dengan gambar.
§
Mencocokkan ujaran dengan tulisan.
§ Mencocokkan ujaran dengan
huruf/ kata/frase yang tepat.
§ Mencocokkan
gambar dengan isi wacana
§ Memilih jawaban tepat dari
pilihan jawaban yang sediakan.
§ Menjawab
mengenai isi wacana.
§ Menuliskan
jawaban yang tepat
§ Memilih
jawaban yang benar sesuai konteks.
§ Menjawab
dengan benar sesuai konteks
§ Menyampaikan informasi sederhana sesuai materi.
§ Berdialog sesuai materi
§ Mengajukan pertanyaan dan
menjawab sesuai konteks
§ Menggunakan
ungkapan dan sikap tubuh yang benar.
(bersambung ke halaman berikut)
|
o
Mendengarkan bunyi huruf Jepang.
o
Menirukan bunyi huruf/kata
dengan tepat.
o
Menentukan bunyi /huruf/
kata/ujaran yang tepat.
o
Menulis huruf/kata sesuai
kaidah yang benar.
o
Menulis huruf/kata/ujaran yang
tepat
o
Mendengarkan wacana lisan dalam
bentuk monolog/dialog dengan menggunakan berbagai media (ucapan guru, tape
dll.).
o
Menentukan jawaban yang tepat
mengenai isi wacana.
o Menuliskan jawaban
yang tepat mengenai isi wacana dengan tepat.
o
Mendengarkan wacana lisan.
o
Menentukan jawaban yang tepat
secara lisan mengenai isi monolog.
o Menceritakan
sesuai materi.
o
Bertanya-jawab sesuai materi.
o
Mendramatisasikan dialog sesuai
materi.
|
-
Tes Praktek (wawancara, bermain peran, demonstrasi)
|
|
Buku
dan Kaset Pelajaran Bahasa Jepang (Contoh:
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang 1 SAKURA
Tema
5.4, Kaset 2 dari Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1) SAKURA
|
Membaca : 11. Memahami wacana tulis
berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
wisata.
Kompetensi Dasar
|
Ranah KD
|
Materi Pembelajaran |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran |
Tingkat Ranah KD
|
Pennilai |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar
|
10.3 Menyampaikan
pendapat dan perasaan secara lisan dengan lancar dan
tepat sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan ujaran santun.
11.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana,
secara tepat.
11.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis sederhana.
11.3 Membaca nyaring
kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tulis sederhana dengan huruf
(Hiragana, Katakana, Kanji) secara tepat.
|
C2
C3
C2
C2
|
-Pengalaman
Perjalanan
マナドへ 行ったことが あります。
-Kondisi Kesehatan
あたまが いたい、どうしたんですか。
|
(Sambungan dari halaman
sebelumnya)
§ Menjelaskan
gambar/denah/grafik/daftar/jadwal/dsb. Sesuai konteks dengan ujaran yang
tepat.
§
Menyatakan pendapat/perasaan secara lisan tentang
situasi/kondisi/gambar sesuai konteks.
§
Menjelaskan perbedaan budaya dengan budaya setempat sesuai konteks.
§ Menentukan bentuk wacana tulis
§ Memilih tema
wacana tulis
§ Menjawab pertanyaan mengenai isi wacana.
§ Menafsirkan makna
kata/ungkapan sesuai konteks
§ Mencocokkan tulisan dengan
gambar dsb.
§ Melafalkan kata/frasa /kalimat dengan tepat
§ Melafalkan
kata/frasa /kalimat dengan intonasi yang
tepat
(bersambung ke halaman berikut)
|
o
Bercerita berdasarkan gambar
yang disediakan
o Mengenal
berbagai bentuk wacana tulis.
o Menentukan
tema wacana tulis.
o
Membaca wacana
o Menentukan
informasi yang diperlukan
o Membaca
wacana secara nyaring.
o Membaca
wacana secara nyaring.
|
C3
C1
C3
C2
C2
C2
C2
|
Tes
Praktek (Game)
|
2 x 45’
2 x 45’
|
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1,
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
Buku
Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid
1, Bab 5
Kaset
sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu
huruf, gambar.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar