08 April, 2013

SILABUS BAHASA JEPANG






Nama Sekolah    : SMA  Taruna Nusantara                                                                                                                                                                      Kelas     : X  (sepuluh)
Mata Pelajaran/Program         : Bahasa Jepang/ Intrakurikuler
Semester                                 : 1 / 2
Aspek                                      : 4技能 ( 4 keterampilan berbahasa)        
SK                                : BERBICARA : 2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas diri.                       

Kompetensi Dasar
RANAH KD

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

TINGKAT RANAH IPK

PENILAIAN

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar

2.1.   Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat  dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2.2     Mengidentifikasi bunyi, ujaran  ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,  dan  membedakan secara tepat.












C2











C1
JATI DIRI
Perkenalan
-  Menyebutkan nama sendiri dan nama orang lain: エフィです。 アリさんです。ふるかわせんせいです。
-   Menyatakan, menanyakan nama diri わたしはアリです。  おなまえは。
- Menyatakan asal daerah (kota)
-   Menyatakan perkenalan diri:はじめまして。わたしはアリです。SMAN1の せいとです。どうぞよろしく(おねがいします)。
-   Memperkenalkan orang lain:         みなさん、こちらはトノさんです。
- Membaca/menulis ひらがな(あ~こ)

-   Menyatakan status (siswa)   わたしはいちねんせいです。わたしたちはSMAN1のせいとです。
-    Menyatakan, menanyakan dan menjawab kewarganegaraan/asal negara/ daerah:
わたしはインドネシアじんです。アリさんはインドネシアのかたです。/おくには。/
インドネシアです。/
ごしゅっしんは。/
スラバヤです。
- Budaya : しょどう

·      Melafalkan huruf/kata/ frase/kalimat dengan tepat
·      Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
·      Mencocokkan ujaran dengan gambar/tulisan.
·      Mengidentifikasi makna ungkapan dari wacana lisan
·      Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan  situasi yang  tepat
·      Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
·      Menjawab dengan benar sesuai konteks.
·      Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·      Berdialog sesuai konteks.
·      Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar.


·  Menirukan bunyi huruf/kata dengan tepat.
·  Mendengarkan  wacana lisan  (ucapan guru, tape dll).
·  Mengulang lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
·   Mendiskusikan fungsi berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
·   Menjawab secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
·   Memaparkan isi wacana lisan secara umum.
·   Menceritakan kembali isi  wacana lisan sesuai konteks
·   Mendemonstrasikan


C2


C2


C1

C3


C2



C2


C2

C3




·    Tes Praktek (Bermain peran, wawancara)


4 x 45’


Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1, Bab 3

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.

MENDENGARKAN: 1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Iidentitas diri.

Kompetensi Dasar
RANAH KD

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Tingkat Ranah IPK

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar

1.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran  ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,  dan  membedakan secara tepat.
1.2     Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.


C1







C2


Salam sapaan
-Ketika bertemu : おはようございます、こんにちは、こんばんは、おげんきですか、はい、げんきです、
-Ketika berpisah : さようなら、また、あした、また rあいしゅう、おやすみなさい。
Ungkapan : ありがとうございます、いいえ、どういたしまして、すみません、いいえ。
-Budaya : さどう












-Ungkapan yang digunakan di Kls: きいてください、かいてください、よんでください、あけてください、行ってください、見てください、座ってください、たってください、きてください。
-Hiragana : さ~と

·      Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
·      Mencocokkan ujaran dengan gambar/tulisan.
·      Mengidentifikasi makna ungkapan dari wacana lisan
·      Menjawab dengan benar sesuai konteks.
·      Menyampaikan informasi sederhana  dari wacana lisan.












·      Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
·      Mencocokkan ujaran dengan gambar/tulisan.
·      Mengidentifikasi makna ungkapan dari wacana lisan


·  Mendengarkan bunyi huruf Jepang.
·  Menirukan bunyi huruf/kata dengan tepat.
·  Mendengarkan  wacana lisan  (ucapan guru, tape dll).
·  Mengulang lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
·   Mendiskusikan fungsi berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
·   Menjawab  pertanyaan mengenai informasi yang diperoleh.
·   Memaparkan informasi yang diperoleh secara umum.
·   Menceritakan kembali sesuai konteks

·      Memperagakan perintah

C2

C1


C1


C2


C3
























·    Tertulis























·    Tes Praktek (Game)


2 x 45’
























2 x 45’


Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1, Bab 1

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.
















Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1, Bab 2

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.


Kompetensi Dasar
Ranah KD

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Tingkat Ranah IPK

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar

MENDENGARKAN

1.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran  ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,  dan  membedakan secara tepat.
1.2     Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.
BERBICARA
2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat  dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2.2     Mengidentifikasi bunyi, ujaran  ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,  dan  membedakan secara tepat.



C1







C2






C3











C1


-  Menyatakan, menanyakan dan menjawab nomor telepon:
でんわばんごうは0542 – 712 -698  です。/でんわばんごうはなんばんですか。
-  Ungkapan lain:
しつれいですが; ああ、そうですか.
-Hiragana : な~ほ








-Tempat asal : ~は~にすんでいます。
-Nomor telepon (mengulang)
-Budaya : HP

·      Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
·      Mencocokkan ujaran dengan gambar/tulisan.
·      Mengidentifikasi makna ungkapan dari wacana lisan
·      Menjawab dengan benar sesuai konteks.
·      Menyampaikan informasi sederhana  dari wacana lisan.


·      Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang miri
·      Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan  situasi yang  tepat
·      Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
·      Menjawab dengan benar sesuai konteks.
·      Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·      Berdialog sesuai konteks.
·      Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar.

·  Mendengarkan bunyi huruf Jepang.
·  Menirukan bunyi huruf/kata dengan tepat.
·  Mendengarkan  wacana lisan  (ucapan guru, tape dll).
·  Mengulang lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
·   Menjawab  pertanyaan mengenai informasi yang diperoleh.
·   Menceritakan kembali sesuai konteks.
·  Mendengarkan  wacana lisan  (ucapan guru, tape dll).
·  Mengulang lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
·   Mendiskusikan fungsi berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
·   Menjawab secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
·   Memaparkan isi wacana lisan secara umum.
·   Menceritakan kembali isi  wacana lisan sesuai konteks



C2


C1


C1

C2


C3




C2


C1


C2




C3


C3



·    Tes Tertulis















·    Tes Praktek (Interview)


2 x 45’















2 x 45’


Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1, Bab 4

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.


Kompetensi Dasar
Ranah KD

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Tingkat Ranah KD

Pennilai

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar
MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.
4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat.
BERBICARA
2.1.   Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat  dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran  ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,  dan  membedakan secara tepat.


-ふくしゅう:Salam, perkenalan, dan nomor telepon
-Hiragana : ま~よ











Lingkungan Kehidupan Sekolah
-Menyebutkan nama benda : これはえんぴつです。
-Menyebutkan nama benda dengan berbagai bahasa : Bukuはにほんごでほんです。
-Hiragana : ら~ん

§ Menulis huruf/ kata/frase dengan huruf yang tepat Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§ Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§ Menulis wacana sederhana sesuai materi dengan tanda baca yang tepat

·      Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang miri
·      Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan  situasi yang  tepat
·      Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
·      Menjawab dengan benar sesuai konteks.
·      Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·      Berdialog sesuai konteks.
·      Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar.
o    Menulis kata/frasa/ kalimat dengan huruf yang sesuai dan tepat.
o    Melengkapi wacana yang rumpang.
o    Menyusun frasa atau kalimat menjadi paragraf
o    Membuat cerita berdasarkan gambar.
·   Membuat  wacana pendek sesuai tema.


·  Mengulang lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
·   Mendiskusikan fungsi berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
·   Menjawab secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
·   Memaparkan isi wacana lisan secara umum.
·   Menceritakan kembali isi  wacana lisan sesuai konteks




·    Tes tertulis













Tes Praktek (Game)

2 x 45’













2 x 45’


Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1, 

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.





Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1,  Bab 5

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.


Kompetensi Dasar
Ranah KD

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Tingkat Ranah KD
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar
2.1   Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat  dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2.2.   Mengidentifikasi bunyi, ujaran  ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,  dan  membedakan secara tepat.
1.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran  ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,  dan  membedakan secara tepat.
1.2     Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.
C2







C1






C1





C2



トノさんの えんぴつですか。
-Menyatakan kepemilikan : これは わたしの えんぴつです。?だれ
-Menyangkal kepemilikan: これは トノさんの えんぴつではありません。
-Ungkapan : どうぞ、ありがとうございます。
-Hiragana : あ~ん










-ふくしゅう
-Budaya : Di dalam Tas Siswa SMA Jepang

·      Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang miri
·      Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan  situasi yang  tepat
·      Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
·      Menjawab dengan benar sesuai konteks.
·      Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·      Berdialog sesuai konteks.
·      Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar.

·      Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
·      Mencocokkan ujaran dengan gambar/tulisan.
·      Mengidentifikasi makna ungkapan dari wacana lisan
·      Menjawab dengan benar sesuai konteks.
·      Menyampaikan informasi sederhana  dari wacana lisan.


·  Mengulang lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
·   Mendiskusikan fungsi berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
·   Menjawab secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
·   Memaparkan isi wacana lisan secara umum.
·   Menceritakan kembali isi  wacana lisan sesuai konteks


·  Mendengarkan bunyi huruf Jepang.
·  Menirukan bunyi huruf/kata dengan tepat.
·  Mendengarkan  wacana lisan  (ucapan guru, tape dll).
·  Mengulang lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
·   Menjawab  pertanyaan mengenai informasi yang diperoleh.
·   Menceritakan kembali sesuai konteks.
·  Mendengarkan  wacana lisan  (ucapan guru, tape dll).



C1

C3



C2


C3

C3




C2


C1

C2


C1


C2


C3


C1



·    Tes lisan (Praktek)


















·    Tes lisan


2 x 45’


















2 x 45’


Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1, Bab 6

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.










Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1,  Bab 6

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.


Kompetensi Dasar
Ranah KD

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Ranah KD

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar
6.1   Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat  dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
6.2     Mengidentifikasi bunyi, ujaran  ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,  dan  membedakan secara tepat.














C2






C1
どこに ありますか。
-Menyebutkan barang-barang di dalam kelas: つくえ、ペン、など
-Menyebutkan letak benda : うえ、した、なか、まえ、うしろ、みぎ、ひだり














-Barang-barang di dalam kelas : つくえ、いす、カレンダー、ごみばこ、ほうき、かびん、
-Budaya : Ini apa?
-Katakana : ア~コ

·      Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang miri
·      Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan  situasi yang  tepat
·      Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
·      Menjawab dengan benar sesuai konteks.
·      Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·      Berdialog sesuai konteks.
·      Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar.



·  Mengulang lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
·   Mendiskusikan fungsi berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
·   Menjawab secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
·   Memaparkan isi wacana lisan secara umum.
·   Menceritakan kembali isi  wacana lisan sesuai konteks




C2


C1



C2

C2


C3


C2

C2
·    Tes Praktek (Game)


















·    Tes Praktek (インフォメーションギャップ)


2 x 45’



















2 x 45’


Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1, Bab 7

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.










Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1,  Bab 7

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.





6




Kompetensi Dasar
Ranah KD

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Ranah KD

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar

6.1   Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat  dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
6.2     Mengidentifikasi bunyi, ujaran  ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,  dan  membedakan secara tepat.













C2







C1
トイレは どこですか。
 -Menyatakan keberadaan letak tempat/orang : トイレは あそこです。?どこ
こうちょうしつの となりです。
-Budaya : Kehidupan keseharian siswa SMA Jepang












ドニさんは どこに いますか。
-Menyatakan tempat keberadaan seseorang : やまださんは カンテインに います。
Katakana: サ~ト

たんじょうび
-Menyebutkan: 1月、2がつ、など。1日、2日、など。
こんげつ、きょう、あした、など。
-Katakana : ナ~ホ

·      Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang miri
·      Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan  situasi yang  tepat
·      Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
·      Menjawab dengan benar sesuai konteks.
·      Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·      Berdialog sesuai konteks.
·      Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar.



·  Mengulang lafal kata/frasa /kalimat dengan yang tepat.
·   Mendiskusikan fungsi berbagai ungkapan yang terdapat dalam wacana lisan.
·   Menjawab secara lisan pertanyaan mengenai isi wacana dengan tepat.
·   Memaparkan isi wacana lisan secara umum.
·   Menceritakan kembali isi  wacana lisan sesuai konteks




C2


C2



C2


C2

C3


C2

C1
·    Tes Praktek (インフォメーションギャップ、Interview)


















·    Tes Praktek (Interview)




Tes Praktek (Interview)

2 x 45’




















2 x 45’




2 x 45’


Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1, Bab 8

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.










Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1, Bab 9/10

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.




Nama Sekolah      : SMA  Taruna Nusantara                                                                                                                                                        
 Kelas                    : XI
Mata Pelajaran/Program  : Bahasa Jepang/ Intrakurikuler 
Semester                          : 1 / 2
Aspek                     : 4技能 ( 4 keterampilan berbahasa)        
SK                          : Mendengarkan :5. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari.
    Berbicara : 6. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari.

 
Kompetensi Dasar
RANAH KD

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

TINGKAT RANAH IPK

PENILAIAN

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar

Mendengarkan

5.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran(kata,frase atau kalimat) dalam suatu wacana dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat.


5.2     Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.


6.1     Menyampaikan berbagai informasi secara lisan  dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun
6.2     Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.





C1







C1





C2







C3


KEHIDUPAN SEHARI-HARI

あさ なにを しますか
-   Menyatakan, menanyakan dan menjawab kegiatan harian
あさ ごはんを たべます。
-   Menyatakan, menanyakan dan menjawab waktu kegiatan
5じに おきます。
-   Menyatakan, menanyakan dan menjawab jenis makanan dan minuman.
あさごはん、ひるごはん
-   Menyatakan, menanyakan dan menjawab alat transportasi.
バスで 学校へ 行きます。
-Kegiatan waktu senggang
ひまな とき
-Kegiatan yang sudah dilakukan (lampau)
きのう テレビを 見ました。
-Kegiatan harian
わたしの いちにち
-Berbelanja
かいもの・いくら
-     Menyatakan rasa masakan
おいしいです。


§ Melafalkan huruf/kata/ frase dengan tepat
§ Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
§ Mencocokkan ujaran dengan gambar.
§ Mencocokkan ujaran dengan tulisan.
§ Mencocokkan ujaran dengan huruf/ kata/frase yang tepat.
§ Mencocokkan gambar dengan isi wacana
§ Memilih jawaban tepat dari pilihan jawaban yang sediakan.
§ Menjawab mengenai isi wacana.
§ Memilih jawaban yang benar sesuai konteks.
§ Melafalkan  kata/frasa /kalimat dengan intonasi yang tepat
§ Menjawab dengan benar sesuai konteks.
§ Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks.
§ Berdialog sesuai tema.
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan     sesuai konteks
§ Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar


o    Mendengarkan bunyi huruf Jepang dalam kosakata/ungkapan/ kalimat.
o    Menirukan bunyi huruf/kata dengan tepat.
o    Menentukan bunyi /huruf/ kata yang tepat.
o    Menulis huruf/kata sesuai kaidah yang benar.
o    Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai media (ucapan guru, tape dll.).
o    Menentukan jawaban yang tepat mengenai isi wacana.
o    Menentukan jawaban yang tepat secara lisan mengenai isi monolog.
o    Bertanya-jawab sesuai konteks.
o    Menceritakan sesuai konteks.
o    Mendramatisasikan dialog sesuai konteks.
(bersambung ke halaman berikut)


C1


C1

C2

C2

C1



C3


C3


C3
C3

C3
- Tes Praktek (Wawancara, role play, Information gap, demonstrasi)




Buku dan Kaset Pelajaran Bahasa Jepang (Contoh:
Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 SAKURA
Tema 5.4, Kaset 2 dari Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1) SAKURA

Membaca : 7. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari.

Menulis : 8. Mengungkapkan informasi sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
RANAH KD

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Tingkat Ranah IPK

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar

7.1     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana tulis sederhana secara tepat.

7.2     Memperoleh berbagai  informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana secara tepat.

7.3     Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tulis sederhana dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji) secara tepat.

8.1 Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf Hiragana, Katakana, Kanji) yang tepat.

8.2   Mengungkapkan berbagai informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan  kata, frase dalam kalimat dengan huruf dan struktur yang tepat.

C1




C2




C2






C3



C3









-Keadaan letak  tempat/kota
ゆうびんきょくは どこに ありますか。
-kondisi tempat
どんな まちですか。
-Kegemaran
スポーツが すきです。
しゅみは なんですか。


§ Menentukan bentuk wacana tulis
§ Memilih tema wacana tulis
§ Menjawab pertanyaan mengenai isi wacana.
§ Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar dsb.
§ Menulis huruf/ kata/frase dengan huruf yang tepat
§ Menuliskan jawaban yang tepat
§ Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks
§ Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§ Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§ Menulis wacana sederhana sesuai konteks dengan kaidah yang tepat



(sambungan dari halaman sebelumnya)
o    Mengenal berbagai bentuk wacana tulis.
o    Menentukan tema wacana tulis.
o    Membaca wacana
o    Menentukan informasi yang diperlukan
o    Menuliskan jawaban yang tepat mengenai isi wacana dengan tepat.
o    Mengarang sesuai konteks dengan kaidah yang benar dan tepat


C1

C2

C2

C2


C3


- Tes Praktek (membaca)
- Tes Tertulis (pilihan ganda, menjodohkan, mengisi kalimat rumpang, mengarang)

Buku dan Kaset Pelajaran Bahasa Jepang (Contoh:
Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 SAKURA
Tema 5.4, Kaset 2 dari Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1) SAKURA






Mendengarkan : 9. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang wisata.
Berbicara : 10.. Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang wisata.

Kompetensi Dasar
Ranah KD

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Tingkat Ranah IPK

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar

9.1Mengidentifikasi bunyi, ujaran(kata,frase atau kalimat) dalam suatu wacana dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat.


9.2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.


10.1 Peserta didik  mampu menyampaikan berbagai informasi  secara lisan dengan lafal yang tepat  dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat.



C1








C2




C3

BEREKREASI
Perencanaan perjalanan
-   Menyatakan, menjawab keinginan diri sendiri dan menanyakan keinginan orang lain:バリへ行きたいです。/何をしたいですか。
-   Menanyakan dan menjawab mengenai bepergian:       こんどのやすみにどこかへ行きますか。/はい、バリへ行きます。
-   Menyatakan, menanyakan dan menjawab keadaan udara/cuaca:  ジャカルタあついです。/
ジャカルタの天気はどうですか。/はれています。
-   Menyatakan dan menjawab perbandingan keadaan/kondisi: バンドゥンジャカルタよりすずしいです。



§ Melafalkan huruf/kata/ frase dengan tepat
§ Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
§ Mencocokkan ujaran dengan gambar.
§ Mencocokkan ujaran dengan tulisan.
§ Mencocokkan ujaran dengan huruf/ kata/frase yang tepat.
§ Mencocokkan gambar dengan isi wacana
§ Memilih jawaban tepat dari pilihan jawaban yang sediakan.
§ Menjawab mengenai isi wacana.
§ Menuliskan jawaban yang tepat
§ Memilih jawaban yang benar sesuai konteks.
§ Menjawab dengan benar sesuai konteks
§ Menyampaikan informasi sederhana sesuai materi.
§ Berdialog sesuai materi
§ Mengajukan pertanyaan dan menjawab sesuai konteks
§ Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar.
(bersambung ke halaman berikut)




o    Mendengarkan bunyi huruf Jepang.
o    Menirukan bunyi huruf/kata dengan tepat.
o    Menentukan bunyi /huruf/ kata/ujaran yang tepat.
o    Menulis huruf/kata sesuai kaidah yang benar.
o    Menulis huruf/kata/ujaran yang tepat
o    Mendengarkan wacana lisan dalam bentuk monolog/dialog dengan menggunakan berbagai media (ucapan guru, tape dll.).
o    Menentukan jawaban yang tepat mengenai isi wacana.
o    Menuliskan jawaban yang tepat mengenai isi wacana dengan tepat.
o    Mendengarkan wacana lisan.
o    Menentukan jawaban yang tepat secara lisan mengenai isi monolog.
o    Menceritakan sesuai materi.
o    Bertanya-jawab sesuai materi.
o    Mendramatisasikan dialog sesuai materi.

C1

C1

C2


C2

C2




C2


C2


C2

C3

C3

C3

C3

- Tes Praktek (wawancara, bermain peran, demonstrasi)

Buku dan Kaset Pelajaran Bahasa Jepang (Contoh:
Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 SAKURA
Tema 5.4, Kaset 2 dari Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1) SAKURA






Membaca : 11. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang wisata.

Kompetensi Dasar
Ranah KD

Materi Pembelajaran

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Tingkat Ranah KD

Pennilai

Alokasi Waktu

Sumber
Belajar

10.3     Menyampaikan
pendapat dan perasaan secara lisan dengan lancar dan tepat sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan ujaran santun.


11.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat.
11.2 Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana.
11.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tulis sederhana dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji) secara tepat.
C2





C3

C2

C2


-Pengalaman Perjalanan
マナドへ 行ったことが あります。
-Kondisi Kesehatan
あたまが いたい、どうしたんですか。
(Sambungan dari halaman sebelumnya)
§ Menjelaskan gambar/denah/grafik/daftar/jadwal/dsb. Sesuai konteks dengan ujaran yang tepat.
§ Menyatakan pendapat/perasaan secara lisan tentang situasi/kondisi/gambar sesuai konteks.
§ Menjelaskan perbedaan budaya dengan budaya setempat sesuai konteks.
§ Menentukan bentuk wacana tulis
§ Memilih tema wacana tulis
§ Menjawab pertanyaan mengenai isi wacana.
§ Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar dsb.
§ Melafalkan kata/frasa /kalimat dengan tepat
§ Melafalkan  kata/frasa /kalimat dengan intonasi yang tepat
(bersambung ke halaman berikut)


o    Bercerita berdasarkan gambar yang disediakan
o  Mengenal berbagai bentuk wacana tulis.
o  Menentukan tema wacana tulis.
o  Membaca wacana
o  Menentukan informasi yang diperlukan
o  Membaca wacana secara nyaring.
o  Membaca wacana secara nyaring.



C3

C1

C3
C2
C2

C2

C2





·    Tes tertulis













Tes Praktek (Game)

2 x 45’













2 x 45’


Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1, 

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.





Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくらjilid 1,  Bab 5

Kaset sesuai tema, CD Kebudayaan Jepang,
Kartu huruf, gambar.




Tidak ada komentar: