日本語の教案(8)
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
_____________________________
I.
Standar
Kompetensi :
Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialog tentang
kehidupan sekolah.
II. Kompetensi Dasar :
1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana
sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2 Melakukan dialog sederhana dengan
lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.
III. Indikator
NO.
|
INDIKATOR
|
ASPEK PEND. KARAKTER
|
1
|
Melafalkan huruf/kata/ frase/kalimat dengan tepat
|
Semangat, rasa ingin tahu
|
2
|
Mencocokkan
ujaran dengan gambar/tulisan.
|
Gigih, pengetahuan luas
|
3
|
Menyebutkan kalimat/ungkapan
sesuai dengan situasi yang tepat
|
Keberanian, kemampuan mengambil keputusan
|
4
|
Menjawab dengan benar sesuai konteks.
|
Keteguhan terhadap prinsip
|
5
|
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
|
Jujur, percaya diri
|
6
|
Berdialog
sesuai konteks.
|
Tanggung jawab, komunikatif, demokratis
|
7
|
Menggunakan
ungkapan dan sikap tubuh yang benar.
|
Percaya diri, kreatif, komunikatif, keberanian
|
IV. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapa mengungkapkan keberadaan ruangan di sekolah.
- Siswa dapat menyatakan kata penunjuk tempat.
V. Materi Pembelajaran : Bab 8. Toire wa doko desu ka.
VI.
Metode dan model
Pembelajaran:
1. Metode : Eclectikc Methode (Metode Bervariasi)
2.
Model Pembelajaran: Pengamatan, drill, tanya-jawab,
penugasan
VII. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan
Pembelajaran 学 習 内 容
|
Waktu
時間
|
Keterangan
メーモ
|
A.
PENDAHULUAN 導入
1. Guru menciptakan suasana kelas yang religius, meminta Ketua Kelas
untuk memimpin doa, memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2. Guru
memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif
dengan beberapa pertanyaan yang
berhubungan dengan ruangan di sekolah.
3. Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar
tentang cara menyebutkan keberadaan ruangan di sekolah untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa.
4. Guru
membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan menunjukkan tujuan pembelajaran
tentang materi yang akan disampaikan.
B.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a.
Kosakata
-Siswa mengamati kosakata/
ungkapan yang ditunjukan guru.
-Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru/ungkapan
tentang keberadaan benda sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk
berfikir.
(Kelas à Kelompok à Perorangan)
b. Pola kalimat :
①KB (nama tempat) wa KB (letak) desu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta
siswa bagaimana cara menyebutkan nama-nama ruangan sebagai wujud
dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir, kemudian guru memberi
contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G : Toire wa asoko desu.
S : (Menirukannya)
Kosakata yang dilatihkan : (nama-nama ruangan dan letaknya)
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan)
Latihan
Tanya-jawab : (1)
A
: Toire wa doko desu ka.
B
: Asoko desu.
……………………………………………
Latihan
Tanya-jawab : (2)
A
: Toire wa doko desu ka.
B
: kǒchǒ-shitsu no tonari desu.
……………………………………………
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan)
2. Elaborasi
Kegiatan 1 Menyebutkan
keberadaan ruangan di sekolah「話しましょう」
a.
Pra Kegiatan
-Menerangkan situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan contoh percakapan dan melatihkannya sebagai
wujud komunikatif.
A
: Sumimasen, 11-nensei no kyǒshitsu wa doko desu ka.
B
: Toire no mae desu.
A
: Dǒmo arigatǒ gozaimasu.
B
: iie, dǒ itashimashite.
-Menerangkan cara kegiatan.
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.
b. Kegiatan
-Melibatkan siswa secara aktif untuk bertanya-jawab
tentang ruangan di sekitar sekolah
sebagai wujud dalam persahabatan dan kepedulian sosial.
-Siswa
bekerja
keras/ sungguh-sungguh bertanya-jawab
dengan teman tentang ruangan di sekitar sekolah.
-Siswa
berani
tampil/ percaya diri berdialog dengan
teman.
-Guru
memfasilitasi secara bebas sesuai
kreatifitas siswa ketika bertanya-jawab
sebagai wujud demokratis.
-Guru mengamati kegiatan siswa.
3.
Komfirmasi
-Siswa mempraktikan dialog
di depan kelas sebagai wujud percaya
diri/ berani, kerja
sama dan persahabatan.
-Siswa lain menyimak
sebagai wujud rasa ingin tahu, lalu menjawab pertanyaan yang diajukan guru
sebagai wujud keteguhan hati dan keberanian.
-Guru memberi masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan
selama kegiatan berlangsung), disampaikan secara komunikatif.
-Guru memberikan penguatan tentang materi
pembelajaran berdasarkan referensi
yang dimiliki secara bertanggungjawab.
C. Penutup
1. Guru
mengarahkan siswa secara mandiri
untuk berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).
2. Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang
telah diberikan secara bertanggungjawab.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah
diajarkan secara demokratis.
4. Guru merencanakan kegiatan tindak
lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (siswa).
5. Guru
menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
agar gemar membaca/menulis dengan menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
6.
Guru memotivasi siswa agar mau menggunakannya dalam
komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.
|
5分
20分
15分
10分
10分
15分
10分
5分
|
Hiragana/
Katakana diajarkan secara
bertahap sesuai kebutuhan
|
VIII.
Sumber Belajar :
●Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
●Media Utama : Benda
Nyata
●Guru
●Audio Visual/ CD
Sakura
●Gambar-gambar
IX. PENILAIAN
Teknik Penilaian : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan
kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik
Magelang, ………
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA
Taruna Nusantara Pamong
Bahasa Jepang
Wakasek Pendidikan
Drs.
YB. Suparmono, M. Si Drs. Endang Sutisna
NIP.19580123
198103 1004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar