08 April, 2013

RPP 教案

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


日本語の教案(6

Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス  : X/2
Alokasi Waktu 時間  :90分
_____________________________
 
I.      Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan  sekolah.

Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kepemilikan benda.

II.    Kompetensi Dasar :

1   Menyampaikan berbagai informasi secara lisan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana  sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2  Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.
3. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu wacana dengan   mencocokan dan membedakan secara tepat.
4. Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.

III.   Indikator

NO.
INDIKATOR
ASPEK PEND.  KARAKTER
1
Melafalkan huruf/kata/ frase/kalimat dengan tepat
Semangat, rasa ingin tahu
2
Mencocokkan ujaran dengan gambar/tulisan.
Gigih, pengetahuan luas
3
Menyebutkan kalimat/ungkapan sesuai dengan  situasi yang  tepat
Keberanian, kemampuan mengambil keputusan
4
Menjawab dengan benar sesuai konteks.
Keteguhan terhadap prinsip
5
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
Jujur, percaya diri
6
Berdialog sesuai konteks.
Tanggung jawab, komunikatif, demokratis
7
Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar.
Percaya diri, kreatif, komunikatif, keberanian
8
Mengidentifikasi makna ungkapan dari wacana lisan
Semangat, rasa ingin tahu
9
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
Gigih, pengetahuan luas
10
Mencocokkan ujaran dengan gambar/tulisan.
Keteguhan terhadap prinsip, kemampuan mengambil keputusan

IV.  Tujuan Pembelajaran :
  1. Siswa dapa menanyakan dan menyebutkan kepemilikan benda.
  2. Siswa dapat menyimak dan mengidentivikasi kepemilikan benda.

V.    Materi Pembelajaran : Bab 6 Tono-san no empitsu desuka.

VI.  Metode dan model Pembelajaran:

      1.   Metode                     :  Eclectikc Methode (Metode Bervariasi)
      2.   Model Pembelajaran:  Pengamatan, drill, tanya-jawab, penugasan

VII.  Strategi Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran   学 習 内 容

Waktu
時間

Keterangan
メーモ

A.      PENDAHULUAN  導入 
1.  Guru menciptakan suasana kelas yang religius, meminta Ketua Kelas untuk  memimpin doa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2.  Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kepemilikan benda.
3.  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang cara menyebutkan kepemilikan benda untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa.
4.  Guru membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan menunjukkan tujuan pembelajaran tentang materi yang akan disampaikan.


B.    Kegiatan Inti

1. Eksplorasi
a. Kosakata
      -Siswa mengamati kosakata/ ungkapan yang ditunjukan guru.
      -Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru/ungkapan  tentang macam-macam benda  dan kepemilikannya sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir.
      (Kelas à Kelompok à Perorangan)

b. Pola kalimat :

Kore  wa KB (orang)no KB (benda) desu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta siswa bagaimana cara menyebutkan kepemilikan benda sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G :  Kore wa watashi no empitsu desu.
S :    (Menirukannya)
Kosakata yang dilatihkan : macam-macam benda dan kepemilikannya
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan)

Latihan Tanya-jawab :
A : Kore  wa dare no empitsu desu ka.
B : Watashi no (empitsu) desu.
……………………………………………

      Kore/ Sore/ Are wa KB (orang) no KB (Benda) dewa arimasen.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara meminta siswa menjawab pertanyaan tentang kepemilikan benda  sebagai wujud komunikatif.
G : (Guru ambil buku seorang siswa, “Ini buku Tono .”?)
S : (bukan)
G : (Memberi contoh dan melatihkannya)
      Kore wa Tono-san no hon dewa arimasen.
Kosakata yang dilatihkan : (kata benda)

-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan)
Latihan Tanya-jawab :
A : Kore  wa Tono-san no empitsu desu ka.
B : Hai, (sore  wa) Tono-san no empitsu desu.
     Iie, (sore wa) Tono-san no empitsu dewa arimasen.
……………………………………………

2.  Elaborasi

Kegiatan 1 Menanyakan dan menyebutkan kepemilikan benda 「話しましょう」

a. Pra Kegiatan
-Menerangkan situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan contoh percakapan dan sebagai wujud melatihkannya komunikatif.

(Jika jawaban “Hai”)
A : B-san, kore wa B-san no empitsu desu ka.
B : Hai, watashino  desu.
A : Dǒzo.
B : Arigatǒ (gozaimasu)

(Jika jawaban “Iie”)
A : B-san, kore wa B-san no empitsu desu ka.
B : Iie, watashino empitsu dewa arimasen.
A : Kore wa dare no empitsu desu ka.
B : Watashi no desu.
A : Dǒzo.
B : Arigatǒ (gozaimasu)

-Menerangkan cara kegiatan  : 
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.

b. Kegiatan (1) : はなしましょう
-Melibatkan siswa secara aktif untuk bertanya-jawab tentang kepemilikan benda  sebagai wujud dalam persahabatan dan kepedulian sosial.
-Siswa bekerja keras/ sungguh-sungguh  bertanya-jawab dengan teman tentang kepemilikan benda.
-Siswa berani tampil/ percaya diri berdialog dengan  teman.
-Guru memfasilitasi secara bebas sesuai  kreatifitas siswa  ketika bertanya-jawab  sebagai wujud demokratis.
-Guru mengamati kegiatan siswa.




Kegiatan (2) 「聞きましょう」Mendengarkan

      Pra Kegiatan

-Menerangkan situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan contoh percakapan dan melatihkannya sebagai wujud komunikatif.
-Menerangkan cara kegiatan. 
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.

Kegiatan

-Siswa bekerja keras/ sungguh-sungguh  menyimak ungkapan kepemilikan benda.
- Siswa mencocokan gambar yang sesuai dengan ungkapan/pernyataan sebagai wujud keteguhan terhadap prinsip, kemampuan mengambil keputusan
-Guru mengamati kegiatan siswa sebagai wujud tanggung jawab.

3. Komfirmasi
-Siswa mempraktikan berdialog  di depan kelas sebagai wujud kerja sama dan persahabatan.
-Siswa lain menyimak sebagai wujud rasa ingin tahu, lalu menjawab pertanyaan yang diajukan guru sebagai wujud
-Guru memberi masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan selama kegiatan berlangsung), disampaikan secara komunikatif.
-Guru memberikan penguatan tentang materi pembelajaran berdasarkan referensi yang dimiliki secara bertanggungjawab.

C.    Penutup
1.  Guru mengarahkan siswa secara mandiri untuk berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).

2.   Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang telah diberikan secara bertanggungjawab.

3.  Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah diajarkan secara demokratis.

4.  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layan­an konseling dan/atau memberikan tugas baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (siswa).

5.  Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar membaca/menulis  dengan menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

6. Guru memotivasi siswa agar  mau menggunakannya dalam komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.



5
















10








10















10




10























10





































5





15






10










5












Hiragana/
Katakana diajarkan secara bertahap sesuai kebutuhan










VIII.      Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
Media Utama : Benda Nyata
Guru
Audio Visual/ CD Sakura
Gambar-gambar
Kartu kosakata

IX.      PENILAIAN
Teknik Penilaian         : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai       : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian            : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen       : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik



Magelang, ……………
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA Taruna Nusantara              Pamong Bahasa Jepang
Wakasek Pendidikan



Drs. YB. Suparmono,  M. Si                           Drs. Endang Sutisna
NIP.19580123 198103 1004

Tidak ada komentar: