日本語の教案(6)
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
_____________________________
I.
Standar
Kompetensi :
●Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sekolah.
●Memahami wacana lisan berbentuk
paparan atau dialog sederhana tentang kepemilikan benda.
II. Kompetensi Dasar :
1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan lafal yang tepat
dalam kalimat sederhana sesuai konteks
yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2 Melakukan dialog sederhana dengan
lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.
3.
Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frase, atau
kalimat) dalam suatu wacana dengan
mencocokan dan membedakan secara tepat.
4. Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan
sederhana secara tepat.
III. Indikator
NO.
|
INDIKATOR
|
ASPEK PEND. KARAKTER
|
1
|
Melafalkan huruf/kata/ frase/kalimat dengan tepat
|
Semangat, rasa ingin tahu
|
2
|
Mencocokkan
ujaran dengan gambar/tulisan.
|
Gigih, pengetahuan luas
|
3
|
Menyebutkan kalimat/ungkapan
sesuai dengan situasi yang tepat
|
Keberanian, kemampuan mengambil keputusan
|
4
|
Menjawab dengan benar sesuai konteks.
|
Keteguhan terhadap prinsip
|
5
|
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
|
Jujur, percaya diri
|
6
|
Berdialog
sesuai konteks.
|
Tanggung jawab, komunikatif, demokratis
|
7
|
Menggunakan
ungkapan dan sikap tubuh yang benar.
|
Percaya diri, kreatif, komunikatif, keberanian
|
8
|
Mengidentifikasi makna ungkapan dari wacana lisan
|
Semangat, rasa ingin tahu
|
9
|
Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang
mirip
|
Gigih, pengetahuan luas
|
10
|
Mencocokkan
ujaran dengan gambar/tulisan.
|
Keteguhan terhadap prinsip, kemampuan mengambil keputusan
|
IV. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapa menanyakan dan menyebutkan kepemilikan benda.
- Siswa dapat menyimak dan mengidentivikasi kepemilikan benda.
V. Materi Pembelajaran : Bab 6 Tono-san no empitsu desuka.
VI.
Metode dan model
Pembelajaran:
1. Metode : Eclectikc Methode (Metode Bervariasi)
2.
Model Pembelajaran: Pengamatan, drill, tanya-jawab,
penugasan
VII. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan
Pembelajaran 学 習 内 容
|
Waktu
時間
|
Keterangan
メーモ
|
A.
PENDAHULUAN 導入
1. Guru menciptakan suasana kelas yang religius, meminta Ketua Kelas
untuk memimpin doa, memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2. Guru
memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif
dengan beberapa pertanyaan yang
berhubungan dengan kepemilikan benda.
3. Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar
tentang cara menyebutkan kepemilikan benda untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa.
4. Guru
membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan menunjukkan tujuan pembelajaran
tentang materi yang akan disampaikan.
B.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a.
Kosakata
-Siswa mengamati kosakata/
ungkapan yang ditunjukan guru.
-Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru/ungkapan
tentang macam-macam benda dan kepemilikannya sebagai wujud dalam memfasilitasi
siswa untuk berfikir.
(Kelas à Kelompok à Perorangan)
b. Pola kalimat :
①Kore
wa KB (orang)no KB (benda) desu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta
siswa bagaimana cara menyebutkan kepemilikan benda sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk
berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G : Kore wa watashi no empitsu desu.
S : (Menirukannya)
Kosakata yang dilatihkan : (macam-macam benda dan kepemilikannya)
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan)
Latihan
Tanya-jawab :
A
: Kore wa dare no empitsu desu ka.
B :
Watashi no (empitsu) desu.
……………………………………………
②Kore/
Sore/ Are wa KB (orang) no KB (Benda) dewa arimasen.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara meminta siswa
menjawab pertanyaan tentang kepemilikan benda sebagai wujud komunikatif.
G : (Guru ambil buku seorang siswa, “Ini
buku Tono .”?)
S : (bukan)
G : (Memberi contoh dan melatihkannya)
Kore
wa Tono-san no hon dewa arimasen.
Kosakata yang dilatihkan : (kata
benda)
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan)
Latihan
Tanya-jawab :
A
: Kore wa Tono-san no empitsu desu ka.
B
: Hai, (sore wa) Tono-san no empitsu
desu.
Iie, (sore wa) Tono-san no empitsu dewa
arimasen.
……………………………………………
2. Elaborasi
Kegiatan 1 Menanyakan
dan menyebutkan kepemilikan benda 「話しましょう」
a.
Pra Kegiatan
-Menerangkan situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan contoh percakapan dan sebagai wujud melatihkannya
komunikatif.
(Jika
jawaban “Hai”)
A
: B-san, kore wa B-san no empitsu desu ka.
B
: Hai, watashino desu.
A
: Dǒzo.
B
: Arigatǒ (gozaimasu)
(Jika
jawaban “Iie”)
A
: B-san, kore wa B-san no empitsu desu ka.
B
: Iie, watashino empitsu dewa arimasen.
A
: Kore wa dare no empitsu desu ka.
B
: Watashi no desu.
A
: Dǒzo.
B
: Arigatǒ (gozaimasu)
-Menerangkan cara kegiatan :
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.
b. Kegiatan (1) : はなしましょう
-Melibatkan siswa secara aktif untuk bertanya-jawab
tentang kepemilikan benda sebagai
wujud dalam persahabatan dan kepedulian sosial.
-Siswa
bekerja
keras/ sungguh-sungguh bertanya-jawab
dengan teman tentang kepemilikan benda.
-Siswa
berani
tampil/ percaya diri berdialog dengan
teman.
-Guru
memfasilitasi secara bebas sesuai
kreatifitas siswa ketika bertanya-jawab
sebagai wujud demokratis.
-Guru mengamati kegiatan siswa.
Kegiatan (2) 「聞きましょう」Mendengarkan
Pra Kegiatan
-Menerangkan
situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan
contoh percakapan dan melatihkannya sebagai wujud komunikatif.
-Menerangkan
cara kegiatan.
-Memberi contoh
cara melakukan kegiatan.
Kegiatan
-Siswa bekerja
keras/ sungguh-sungguh menyimak
ungkapan kepemilikan
benda.
- Siswa mencocokan gambar yang sesuai dengan
ungkapan/pernyataan sebagai wujud keteguhan terhadap prinsip, kemampuan
mengambil keputusan
-Guru mengamati
kegiatan siswa
sebagai wujud tanggung jawab.
3.
Komfirmasi
-Siswa mempraktikan
berdialog di depan kelas sebagai wujud
kerja
sama dan persahabatan.
-Siswa lain menyimak
sebagai wujud rasa ingin tahu, lalu menjawab pertanyaan yang diajukan guru
sebagai wujud
-Guru memberi masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan
selama kegiatan berlangsung), disampaikan secara komunikatif.
-Guru memberikan penguatan tentang materi
pembelajaran berdasarkan referensi
yang dimiliki secara bertanggungjawab.
C. Penutup
1. Guru
mengarahkan siswa secara mandiri
untuk berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).
2. Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang
telah diberikan secara bertanggungjawab.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah
diajarkan secara demokratis.
4. Guru merencanakan kegiatan tindak
lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (siswa).
5. Guru
menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
agar gemar membaca/menulis dengan menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
6.
Guru memotivasi siswa agar mau menggunakannya dalam
komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.
|
5分
10分
10分
10分
10分
10分
5分
15分
10分
5分
|
Hiragana/
Katakana diajarkan secara
bertahap sesuai kebutuhan
|
VIII.
Sumber Belajar :
●Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
●Media Utama : Benda
Nyata
●Guru
●Audio Visual/ CD
Sakura
●Gambar-gambar
●Kartu kosakata
IX. PENILAIAN
Teknik Penilaian : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan
kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik
Magelang, ……………
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA
Taruna Nusantara Pamong
Bahasa Jepang
Wakasek Pendidikan
Drs.
YB. Suparmono, M. Si Drs.
Endang Sutisna
NIP.19580123
198103 1004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar