日本語の教案(5)
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス : X/2
Alokasi Waktu 時間 :90分
I.
Standar
Kompetensi :
Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas diri.
II. Kompetensi Dasar :
1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan lafal yang tepat
dalam kalimat sederhana sesuai konteks
yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2 Melakukan dialog sederhana dengan
lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.
III. Indikator
NO.
|
INDIKATOR
|
ASPEK PEND. KARAKTER
|
1
|
Melafalkan huruf/kata/ frase/kalimat dengan tepat
|
Semangat, rasa ingin tahu
|
2
|
Mencocokkan
ujaran dengan gambar/tulisan.
|
Gigih, pengetahuan luas
|
3
|
Menyebutkan kalimat/ungkapan
sesuai dengan situasi yang tepat
|
Keberanian, kemampuan mengambil keputusan
|
4
|
Menjawab dengan benar sesuai konteks.
|
Keteguhan terhadap prinsip
|
5
|
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
|
Jujur, percaya diri
|
6
|
Berdialog
sesuai konteks.
|
Tanggung jawab, komunikatif, demokratis
|
7
|
Menggunakan
ungkapan dan sikap tubuh yang benar.
|
Percaya diri, kreatif, komunikatif, keberanian
|
IV. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menanyakan dan menyebutkan tempat tinggal.
- Siswa dapat menanyakan dan menyebutkan nomor telepon.
V. Materi Pembelajaran : Bab 4 でんわばんごう
VI.
Metode dan model
Pembelajaran:
1. Metode : Eclectikc Methode (Metode Bervariasi)
2.
Model Pembelajaran: Pengamatan, drill, tanya-jawab,
penugasan
VII. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan
Pembelajaran 学 習 内 容
|
Waktu
時間
|
Keterangan
メーモ
|
A.
PENDAHULUAN 導入
1. Guru menciptakan suasana kelas yang religius, meminta Ketua Kelas
untuk memimpin doa, memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2. Guru
memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif
dengan beberapa pertanyaan yang
berhubungan dengan tempat tinggal dan nomor telepon.
3. Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar
tentang cara menyebutkan tempat tinggal dan nomor
telepon untuk menumbuhkan rasa
ingin tahu siswa.
4. Guru
membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan menunjukkan tujuan pembelajaran
tentang materi yang akan disampaikan.
B.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a.
Kosakata
-Siswa mengamati kosakata/
ungkapan yang ditunjukan guru.
-Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru/ungkapan
tentang cara menyebutkan tempat
tinggal dan nomor telepon sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk
berfikir.
(Kelas à Kelompok à Perorangan)
b. Pola kalimat :
①Denwa-bangǒ
は KB (nomor) です。
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta
siswa bagaimana caranya jika menyampaikan nomor telepon sebagai wujud dalam memfasilitasi
siswa untuk berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara
bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G : Denwa-bangǒ wa 0293-365-779 desu.
S : (Menirukannya)
Kosakata yang dilatihkan : (nomor telepon)
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan)
Latihan
Tanya-jawab :
A
: Denwa-bangǒ wan an-ban desu ka.
B
: 0293-365-779 desu.
……………………………………………
②KB
(orang) wa KB (tempat) ni sunde imasu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara meminta siswa
menjawab pertanyaan tentang tempat tinggal sebagai wujud komunikatif.
G : (Saudara
tinggal di mana ?)
S : Magelang
G : (Memberi contoh dan melatihkannya)
Watashi
wa Magelang ni sunde imasu.
Kosakata yang dilatihkan : (Nama-nama tempat/kota)
Latihan
Tanya-jawab :
A
: Budi-san wa doko ni sunde imasuka.
B
: Magelang ni sunde imasu.
……………………………………………
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan
cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan)
2. Elaborasi
Kegiatan 1 Menyebutkan
tempat tinggal dan nomor telepon 「話しましょう」
a.
Pra Kegiatan
-Menerangkan situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan contoh percakapan dan sebagai wujud melatihkannya
komunikatif.
A
: B-san wa doko ni sunde imasuka.
B
: Magelang ni sunde imasu.
A
: Denwa-bangǒ wan an-ban de4suka.
B
: 0293-365-779 desu.
A
: 0293-365-779 desu ne.
B
: Hai.
-Menerangkan cara kegiatan :
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.
b. Kegiatan
-Melibatkan siswa secara aktif untuk mewawancarai
teman tentang tempat tinggal dan nomor teleponnya sebagai wujud dalam persahabatan
dan kepedulian sosial.
-Siswa
bekerja
keras/ sungguh-sungguh mewawancarai
teman tentang tempat tinggal dan nomor teleponnya.
-Siswa
berani
tampil/ percaya diri dalam mewawancarai teman.
-Guru
memfasilitasi secara bebas sesuai
kreatifitas siswa ketika
mewawancarai teman sebagai wujud demokratis.
-Guru mengamati kegiatan siswa.
3.
Komfirmasi
-Siswa melaporkan hasil
wawancara di depan kelas sebagai wujud kerja sama dan persahabatan.
-Siswa lain menyimak
sebagai wujud rasa ingin tahu, lalu menjawab pertanyaan yang diajukan guru
sebagai wujud
-Guru memberi masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan
selama kegiatan berlangsung), disampaikan secara komunikatif.
-Guru memberikan penguatan tentang materi
pembelajaran berdasarkan referensi
yang dimiliki secara bertanggungjawab.
C. Penutup
1. Guru
mengarahkan siswa secara mandiri
untuk berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).
2. Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang
telah diberikan secara bertanggungjawab.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah
diajarkan secara demokratis.
4. Guru merencanakan kegiatan tindak
lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (siswa).
5. Guru
menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
agar gemar membaca/menulis dengan menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
6.
Guru memotivasi siswa agar mau menggunakannya dalam
komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.
|
5分
10分
10分
10分
10分
10分
5分
15分
10分
5分
|
Hiragana/
Katakana diajarkan secara
bertahap sesuai kebutuhan
|
VIII.
Sumber Belajar :
●Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
●Media Utama : Kartu
kosakata
●Guru
●Audio Visual/ CD
Sakura
●Gambar-gambar
IX. PENILAIAN
Teknik Penilaian : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan
kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik
Magelang、……..
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA
Taruna Nusantara Pamong Bahasa Jepang
Wakasek Pendidika
Drs.
YB. Suparmono, M. Si Drs.
Endang Sutisna
NIP.19580123
198103 1004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar