08 April, 2013

RPP 教案

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


日本語の教案(10

Satuan Pendidikan 学校: SMA Taruna Nusantara
Mata Pelajaran 授業 : Bahasa Jepang 日本語
Kelas/Semesterクラス  : X/2
Alokasi Waktu 時間  :90分
_____________________________
 

I.      Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan  sekolah.

II.    Kompetensi Dasar :

1   Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana  sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2  Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.

III.   Indikator

NO.
INDIKATOR
ASPEK PENDIDIKAN  KARAKTER
1
Menyebutkan nama-nama bulan dan tanggal.
Semangat, rasa ingin tahu, pengetahuan luas, Keberanian, Jujur, percaya diri, demokratis, kreatif, komunikatif.
2
-



IV.  Tujuan Pembelajaran :
      Siswa dapa menanyakan dan menyebutkan nama bulan dan tanggal.


V.    Materi Pembelajaran : Bab 10 Tanjōbi

VI.  Metode dan model Pembelajaran:

      1.   Metode                     :  Metode Terpadu
      2.   Model Pembelajaran:  Pengamatan, drill, tanya-jawab, penugasan

VII.  Strategi Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran   学 習 内 容

Waktu
時間

Keterangan
メーモ

A.      PENDAHULUAN  導入 
1.  Guru menciptakan suasana kelas yang religius, meminta Ketua Kelas untuk  memimpin doa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2.  Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan nama-nama tanggal dan bulan.
3.  Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang cara menyebutkan nama-nama tanggal dan bulan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa.
4.  Guru membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan menunjukkan tujuan pembelajaran tentang materi yang akan disampaikan.


B.    Kegiatan Inti

1. Eksplorasi
a. Kosakata
      -Siswa mengamati kosakata/ ungkapan yang ditunjukan guru.
-Guru mengenalkan dan melatihkan kosakata baru/ungkapan  tentang  nama-nama bulan dan tanggal sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir.
      (Kelas à Kelompok à Perorangan)

b. Pola kalimat :
KB1 (bilangan) gatsu KB2 (bilangan) nichi  desu.
-Mengenalkan pola kalimat dengan cara bertanya meminta siswa bagaimana cara menyebutkan nama-nama bulan dan tanggal sebagai wujud dalam memfasilitasi siswa untuk berfikir, kemudian guru memberi contoh kalimat secara bertahap.
-Memberi contoh dan melatihkannya secara bertahap.
G : 10-gatsu mikka desu.
S :    .
Kosakata yang dilatihkan : nama-nama bulan dan tanggal
-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan
Latihan Tanya-Jawab :
Q : nangatsu/ nannichi desu ka.
A : ….

-Menulis pola kalimat, menjelaskan makna, bentuk dan cara pemakaiannya.
-Latihan pengulangan, pengubahan, pergantian.
(Kelas à POK à perorangan

2.  Elaborasi

 Kegiatan 1 : Interview「話しましょう」

a. Pra Kegiatan
-Menerangkan situasi dan tujuan kegiatan.
-Mengenalkan contoh percakapan dan sebagai wujud melatihkannya secara komunikatif.
A :  B-san no tanjōbi wa itsu desu ka.
B : ….

-Menerangkan cara kegiatan.
-Memberi contoh cara melakukan kegiatan.

b. Kegiatan
-Melibatkan siswa secara aktif untuk bertanya-jawab  tentang   nama-nama bulan dan tanggal sebagai wujud dalam persahabatan dan kepedulian sosial.
     -Siswa bekerja keras/ sungguh-sungguh  bertanya-jawab dengan   
      teman tentang nama-nama bulan dan tanggal
-Siswa berani tampil/ percaya diri berdialog dengan  teman.
-Guru memfasilitasi secara bebas sesuai  kreatifitas siswa  ketika bertanya-jawab  sebagai wujud demokratis.
-Guru mengamati kegiatan siswa.

3. Komfirmasi
-Siswa melaporkan hasil  interview   sebagai wujud percaya diri/ berani,  kerja sama dan persahabatan.
-Siswa lain menyimak sebagai wujud rasa ingin tahu, lalu menjawab pertanyaan yang diajukan guru sebagai wujud keteguhan hati dan keberanian.
-Guru memberi masukan dan memperbaiki kesalahan siswa (hasil pengamatan selama kegiatan berlangsung), disampaikan secara komunikatif.
-Guru memberikan penguatan tentang materi pembelajaran berdasarkan referensi yang dimiliki secara bertanggungjawab.


C.    Penutup
1.  Guru mengarahkan siswa secara mandiri untuk berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya (nyata).

2.   Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang telah diberikan secara bertanggungjawab.

3.  Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah diajarkan secara demokratis.

4.  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layan­an konseling dan/atau memberikan tugas baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik (siswa).

5.  Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar membaca/menulis  dengan menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

6. Guru memotivasi siswa agar  mau menggunakannya dalam komunikasi dengan orang Jepang dalam situasi sebenarnya.



5
















20









15





















10







10











15










10











5





















Hiragana/
Katakana diajarkan secara bertahap sesuai kebutuhan













VIII.      Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Bahasa Jepang さくら jilid 1 The Japan Foundation/Depdiknas.
LKS Bahasa Jepang SAKURA
Media Utama : Bend Nyata
Guru
Audio Visual/ CD Sakura
Gambar-gambar

IX.      PENILAIAN
Teknik Penilaian         : Tes / Assessment ,Tugas (Individu/kelompok), pengamatan kerja, pengamatan perilaku
Aspek yang dinilai       : Pengetahuan , Sikap dan Psikomotorik
Jenis Penilaian            : Penilaian Proses dan Penilaian hasil
Bentuk Instrumen       : Soal, Lembar pengamatan Afektif dan Psikomotorik



Magelang,  ……………..
Mengetahui :
A.n. Kepala SMA Taruna Nusantara                                                  Pamong Bahasa Jepang
Wakasek Pendidikan



Drs. YB. Suparmono,  M. Si                                                               Drs. Endang Sutisna
NIP.19580123 198103 1004

Tidak ada komentar: