25 Juli, 2011

Latihan Tanya Jawab (1) :
Q : KORE/SORE/ARE WA KABAN DESU KA.
A : HAI, Sō DESU./ IIE, CHIGAIMASU.

Latihan Tanya Jawab (2) :
Q : KORE/SORE/ARE WA NAN DESU KA.
A : KORE/SORE/ARE WA ENPITSU DESU.

c. Pola Kalimat (2)
Guru : (Menuliskan pola kalimat, bemberi contoh, lalu melatihkannya)
KB1 (benda) wa KB2 (nama bahasa) de KB3 (benda) desu
Contoh :
Guru : (memperlihatkan “tas”)
“TAS” WA NIHONGO DE KABAN DESU.
Siswa : (menunjuk “tas” yang diperlihatkan guru)
“TAS” WA NIHONGO DE KABAN DESU.

Keterangan : Kosa kata yang digarisbawahi dapat diganti dengan kosakata lain.
Teknik latihan : Pergantian (Klasikal/kelas, kelompok, individu)
Kosakata yang dilatihkan dalam pola kalimat :hon, nōto, jisho, kyōkasho, fudebako, monosashi, enpitsu, pen, bōrupen, keshigomu, kaban, tokĕ.
Komfirmasi : Guru memfasilitasi siswa menjelaskan pola kalimat dan penggunaan partikel “DE”

Latihan Tanya Jawab :
Q : “TAS” WA NIHONGO DE NAN DESU KA.
A : KABAN DESU.

3. Latihan Penerapan
a. Pra Kegiatan
Guru melatihkan kosakata dan pola kalimat dalam percakapan.
Contoh Percakapan :
A : KORE WA NIHONGO DE NAN DESU KA.
B : ENPITSU DESU.
Teknik latihan : Klasikal/kelas, kelompok, individu

b. Kegiatan
Catatan : Sebelum kegiatan Guru sudah menyiapkan beberapa lembar kartu gambar.
Siswa melakukan kegiatan :
(1) Siswa berpasangan
(2) Tiap pasangan memperoleh satu set kartu gambar. (lihat Contoh Media!)
(3) Satu set kartu gambar diletakkan di atas meja dengan posisi gambar terlihat. Tentukan giliran penanya pertama!
(4) Penanya menunjuk gambar dan bertanya kepada pasangannya, “Kore wa nihongo de nan desu ka.”
(5) Penjawab menyebutkan gambar dalam bahasa Jepang, lalu membalik gambar tersebut untuk memastikan jawaban.
(6) Bila jawabannya benar, kartu gambar tersebut menjadi miliknya. Jika tidak benar, gambar harus dikembalikan lagi ke tempat semula.
(7) Kegiatan dilakukan secara bergiliran.
(8) Siswa yang dapt mengumpulkan kartu gambar terbanyak adalah pemenannya.

Tidak ada komentar: