III. CONTOH MODEL PEMBELAJARAN
A. Materi : Bab. 5 Nihongo de nan desu ka (Buku Sakura 1 halaman 17)
1. Kosakata :
hon, nōto, jisho, kyōkasho, fudebako, monosashi, enpitsu, pen, bōrupen, keshigomu, kaban, tokĕ, kore, sore, are, nan (desu ka)
2. Pola Kalimat :
a. Kore/ Sore/ Are wa KB (benda) desu.
b. KB1 (benda) wa KB2 (nama bahasa) de KB3 (benda) desu.
B. Media :
● Kartu Gambar
● Benda Nyata
● Ucapan
C. Teknik Pelaksanaan Pembelajaran
1. Pengantar Pembelajaran
Bertanya-jawab tentang jenis-jenis benda yang ada di sekitar kelas.
Guru : Coba sebutkan benda/barang yang Anda bawa ke sekolah!
Siswa : Buku, pensil, tas, dll……
Guru : Ada tahu bahasa Jepangnya?
Siswa : (belum… pak/bu)
Guru : (menyampaikan target/tujuan pembelajaran)
Nah… hari ini kita akan belajar : menyebutkan jenis-jenis benda dalam bahasa Jepang!”
2. Pengenalan Materi + Latihan Dasar
a. Kosakata
Guru : (memperlihatkan gambar tas/benda nyata)
KABAN
Siswa : (mengulang)
KABAN
Teknik latihan : Pengulangan (Klasikal/kelas, kelompok, individu)
Kosakata yang dilatihkan :hon, nōto, jisho, kyōkasho, fudebako, monosashi, enpitsu, pen, bōrupen, keshigomu, kaban, tokĕ.
b. Pola Kalimat (1)
Guru : (Menuliskan pola kalimat, bemberi contoh, lalu melatihkannya)
Kore/ Sore/ Are wa KB (benda) desu.
Contoh :
Guru : (memperlihatkan “tas”)
KORE WA KABAN DESU.
Siswa : (menunjuk “tas” yang diperlihatkan guru)
SORE WA KABAN DESU.
Keterangan : Kosa kata yang digarisbawahi dapat diganti dengan kosakata lain.
Teknik latihan : Pergantian (Klasikal/kelas, kelompok, individu)
Kosakata yang dilatihkan dalam pola kalimat :hon, nōto, jisho, kyōkasho, fudebako, monosashi, enpitsu, pen, bōrupen, keshigomu, kaban, tokĕ.
Komfirmasi : Guru memfasilitasi siswa menjelaskan kata KORE, SORE, dan ARE.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar