
Setiap tahun pembelajaran bahasa Jepang di Indonesia berkembang hingga ke berbagai pelosok tanah air. Strategi pembelajaran pun banyak berubah sesuai dengan perkembangan kurikulum saat ini. Perubahan tersebut dilakukan agar mampu memfasilitasi peserta didik sesuai kebutuhannya.
Sehubungan dengan itu, kualitas kompetensi professional guru bahasa Jepang sangat diperlukan sehingga pada saat proses pembelajarannya, guru dapat mendampingi peserta didik sesuai harapan. Diklat/Kegiatan MGMP adalah salah satiu kegiatan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kualitas teknik mengajarkan bahasa Jepang yang kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan.
Akan tetapi, ada beberapa guru di daerah belum pernah atau belum mempunyai kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan, bahkan kegiatan MGMP pun belum ada kesempatan. Semoga tulisan tentang “Alur Pembelajaran Bahasa Jepang” di bawah ini bisa mem-pamping Bapak/Ibu guru bahasa Jepang untuk melaksanakan strategi pembelajaran di sekolah masing-masing.
I. PROSES PEMBELAJARAN
Ada dua jenis alur pembelajaran yang perlu kita perhatikan dalam mendampingi peserta didik ketika proses pelaksanaannya.
A. Alur Belajar (bagi Peserta Didik)
B. Alur Mengajar (bagi Guru)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar