17 Maret, 2009

Latihan Pra Kegiatan

-->
  1. Latihan Kegiatan (Penerapan)
Kegiatan Belajar : Para siswa melakukan kegiatan interaksi/Menyampaikan
ide pemikirannya yang dekat dengan situasi komunikasi yang sebenarnya berdasarkan skenario yang sudah direncanakan dan disiapkan. Jenis kegiatannya bisa Interview, Role- play, Information-gap, Survei dll.
Peran Guru : Sangat sedikit (lihat gambar kerucut : semakin lama, para guru semakin sedikit berperan bagaikan Sang Sutradara).
Peran Siswa : Lebih banyak berperan bagaikan Aktor (Pemeran Utama) dalam sebuah sinetron).
III. Kajian Utama Latihan Pra Kegiatan
Latihan Kegiatan (Penerapan) di atas benar-benar sebuah kegiatan yang menjadi target akhir pembelajaran sebagaimana kita sampaikan saat membuka/menyampaikan pengantar di awal pembelajaran, yaitu dari TIDAK BISA menjadi tahu, mengerti, paham, dan mampu menggunakannya dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis.
Namun demikian, untuk memiliki kemampuan berkomunikasi seperti itu para siswa tidak cukup hanya dilatih kosakata, ungkapan, dan pola kalimat dasar saja. Kegiatan tanya-jawab dalam Latihan Dasar pun, belum bisa mengarahkan/mengantarkan kesiapan para siswa untuk berkomunikasi dalam situasi sebenarnya dengan lancar. Biasanya siswa cenderung berkomunikasi sambil melihat pola kalimat yang dilatihkan kepadanya.
Untuk itu para siswa perlu mengikuti latihan percakapan/interaksi secara kontekstual sehingga mampu melakukan komunikasi dalam situasi nyata (sebenarnya). Kegiatan latihan seperti ini dinamakan Latihan Pra Kegiatan dengan tujuan mengantarkan kesiapan para siswa dalam berkomunikasi sesuai skenario yang dibuat guru, seperti kegiatan Interview, Role- play, Information-gap, Survei dll.
IV. Contoh Model Latihan Pra Kegiatan
Tema : 4.1 Anggota Keluarga

  1. Pengantar : Meminta siswa menyampaikan jumlah anggota keluarga dan saudara kandungnya.
Contoh :
Siswa : “Jumlah anggota keluarga saya ada 6 orang. Saya 4 bersaudara. Abang 2 orang, dan adik perempuan 1 orang.”
2. Pengenalan Materi + Latihan dasar (sudah jelas)
3. Penerapan (Kegiatan Interview)

  1. Pra Kegiatan
Melatih interaksi/percakapan secara kontekstual (nyata) yaitu dengan cara melakukan “kuis” menebak jumlah anggota keluarga atau menebak keberadaan/jumlah saudara kandung teman yang ada di dalam kelas.
2

Tidak ada komentar: