13 April, 2013

Keadaan Kota 行ってください。

■ Materi Pembelajaran : Keadaan Kota 行ってください。
■ Kelas : XI (sebelas)
■ Standar Kompetensi : Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari.

■ Kompetensi Dasar :
   1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu wacana dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat.
   2. Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.

■ Tujuan Pembelajaran : Dapat mengidentifikasi berbagai informasi  tentang tempat-tempat yang berada di kota.
           
■ Kegiatan : Mendengarkan 聞きましょう
■ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran : RPP  (Rute Perjalanan)
■ Media : Power Point (PPT)

ALUR PEMBELAJARAN

1.    Pengantar Pembelajaran 授業の導入
Mengawali pembelajaran, ditampilkan gambar denah kota, kemudian menunjukkan rute perjalanannya dari satu tempat menuju tempat lain. Tujuannya untuk memberikan gambaran kepada peserta didik agar mereka ingin mengetahui, memahami, mengingat, dan menggunakan  kosakata tersebut dalam pola kalimat bahasa Jepang.

2.    Pengenalan Materi + Latihan Dasar 導入+基本練習
Kegiatan pembelajaran ini bertujuan untuk mengenalkan/ melatihkan kosakata dan pola kalimat.
a.    Kosakata
Media yang digunakan untuk mengenalkan “makna” kosakata baru adalah media gambar dan kosakata berbahasa Indonesia. Sedangkan kosakata yang bertuliskan huruf Kana adalah untuk mengenalkan tulisan dan cara mengucapkannya. Cara latihan pengulangan dan pergantian dilakukan dalam latihan dasar ini agar peserta didik dapat memahami dan mengingat kosakata baru.

b.    Pola Kalimat
Strategi pembelajaran dalam kegiatan ini memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya (drill) kepada peserta didik untuk menggunakan kosakata dalam pola kalimat baru.
Cara latihan : pengulangan dan pergantian.
Setelah latihan (drill), peserta didik diarahkan agar dapat menjelaskan cara penggunaan pola kalimat baru tersebut.
Jenis Latihan Pola Kalimat :
1)    Mengungkapkan pernyataan berdasarkan pola kalimat baru.
2)    Latihan Tanya- Jawab
(a)  Terarah (sesuai media yang ditunjukkan pengajar)
(b)  Bebas. Menggunakan kosakata yang sudah dipelajari sebelumnya dan aplikatif sesuai situasi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.

3.    Latihan Penerapan 応用練習
Tujuan kegiatan penerapan agar peserta didik dapat menyampaikan informasi  lisan/ tertulis dalam situasi nyata yang dekat dengan kehidupan sebenarnya. Untuk itu, mereka melakukan kegiatan di kelas sesuai dengan scenario pembelajaran sehingga mereka dapat menggunakan kosakata dan pola kalimat dalam komunikasi baik lisan maupun tertulis.

4.    Kesimpulan まとめ
Peserta didik diarahkan dapat berkomunikasi baik secara terarah maupun bebas tentang penjelasan rute perjalanan dari satu tempat ke tempat lain.
Ingin tahu proses pembelajarannya? Silakan download :


 REFERENSI
1.  Buku The Japan Foundation Jakarta dan Direktorat Pembinaan SMA 2009, Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1, 2, dan 3  “SAKURA”.

2. LKS Bahasa Jepang SAKURA 1, SAKURA 2, dan SAKURA 3, MGMP Bahasa Jepang Jawa Tengah-DI. Yogyakarta/ Pancaran Media.

3. Materi Diklat Metodologi Pengajaran Bahasa Jepang  研修用教授法教材、The Japan Foundation/ PPPPTK Bahasa Jakarta

4.    Foto-foto :
a.    Keluarga, Peserta Diklat/ Training Urawa Jepang
b.    dari internet : www.google.com

Tidak ada komentar: