■
Materi Pembelajaran : Keadaan Kota 行ってください。
■ Kelas : XI (sebelas)
■ Standar Kompetensi : Memahami wacana
lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari.
■ Kompetensi Dasar :
1. Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu wacana dengan mencocokkan
dan membedakan secara tepat.
2. Memperoleh
informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana
secara tepat.
■ Tujuan Pembelajaran : Dapat mengidentifikasi
berbagai informasi tentang tempat-tempat
yang berada di kota.
■ Kegiatan : Mendengarkan 聞きましょう
■ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran : RPP
(Rute Perjalanan)
■ Media : Power Point (PPT)
ALUR PEMBELAJARAN
1.
Pengantar Pembelajaran 授業の導入
Mengawali
pembelajaran, ditampilkan gambar denah kota, kemudian menunjukkan rute
perjalanannya dari satu tempat menuju tempat lain. Tujuannya untuk memberikan
gambaran kepada peserta didik agar mereka ingin mengetahui, memahami,
mengingat, dan menggunakan kosakata
tersebut dalam pola kalimat bahasa Jepang.
2. Pengenalan
Materi + Latihan Dasar 導入+基本練習
Kegiatan
pembelajaran ini bertujuan untuk mengenalkan/ melatihkan kosakata dan pola
kalimat.
a.
Kosakata
Media yang digunakan untuk
mengenalkan “makna” kosakata baru adalah media gambar dan kosakata berbahasa
Indonesia. Sedangkan kosakata yang bertuliskan huruf Kana adalah untuk
mengenalkan tulisan dan cara mengucapkannya. Cara latihan pengulangan dan
pergantian dilakukan dalam latihan dasar ini agar peserta didik dapat memahami
dan mengingat kosakata baru.
b.
Pola Kalimat
Strategi pembelajaran dalam
kegiatan ini memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya (drill) kepada peserta
didik untuk menggunakan kosakata dalam pola kalimat baru.
Cara latihan : pengulangan
dan pergantian.
Setelah latihan (drill),
peserta didik diarahkan agar dapat menjelaskan cara penggunaan pola kalimat
baru tersebut.
Jenis Latihan Pola Kalimat :
1)
Mengungkapkan pernyataan berdasarkan pola
kalimat baru.
2)
Latihan Tanya- Jawab
(a) Terarah
(sesuai media yang ditunjukkan pengajar)
(b) Bebas.
Menggunakan kosakata yang sudah dipelajari sebelumnya dan aplikatif sesuai
situasi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
3. Latihan
Penerapan 応用練習
Tujuan
kegiatan penerapan agar peserta didik dapat menyampaikan informasi lisan/ tertulis dalam situasi nyata yang dekat
dengan kehidupan sebenarnya. Untuk itu, mereka melakukan kegiatan di kelas
sesuai dengan scenario pembelajaran sehingga mereka dapat menggunakan kosakata
dan pola kalimat dalam komunikasi baik lisan maupun tertulis.
4. Kesimpulan
まとめ
Peserta
didik diarahkan dapat berkomunikasi baik secara terarah maupun bebas tentang penjelasan
rute perjalanan dari satu tempat ke tempat lain.
Ingin
tahu proses pembelajarannya? Silakan download
:
■ REFERENSI
1. Buku The
Japan Foundation Jakarta dan Direktorat Pembinaan SMA 2009, Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1, 2, dan 3 “SAKURA”.
2. LKS Bahasa Jepang SAKURA 1, SAKURA 2, dan SAKURA
3, MGMP Bahasa Jepang Jawa Tengah-DI. Yogyakarta/ Pancaran Media.
3. Materi Diklat Metodologi Pengajaran Bahasa
Jepang 研修用教授法教材、The Japan Foundation/
PPPPTK Bahasa Jakarta
4.
Foto-foto :
a. Keluarga,
Peserta Diklat/ Training Urawa Jepang
b. dari
internet : www.google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar